Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Padi I Tulakan Kabupaten Pacitan

Ridariyanti, Sri and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dr. Darsinah, M. Si (2014) Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Padi I Tulakan Kabupaten Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (414kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) Mendiskripsikan peran kepala sekolah dalam peningkatan pembelajaran; (2) Mendiskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam peningkatan pembelajaran; dan (3) Mendiskripsikan solusi kepala sekolah mengatasi hambatan dalam peningkatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Tempat penelitian di SDN Padi I Tulakan Pacitan. Narasumber penelitian kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kepala sekolah berperan mengajak guru dan karyawan untuk memberikan layanan pembelajaran kepada siswa secara prima. Kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan secara terus menerus, yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, refleksi, dan revisi terhadap perencanaan berikutnya, dan siklusnya diulang-ulang; (2) Faktor pendukung antara lain tersedianya anggaran dan bantuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, anggaran dana dari sekolah untuk bidang ektrakurikuler yang penganggarannya diambilkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah, dan Guruguru diikutkan pada pertemuan Kelompok Kerja Guru sebagai bentuk peningkatan kompetensi guru. Faktor penghambat adalah kurangnya media pembelajaran guna meningkatkan semangat belajar siswa; dan (3) Langkah untuk mengatasi faktor penghambat dilakukan dengan penambahan LCD proyektor. Pemberdayaan komite sekolah dilakukan melalui tiga jalur secara simultan, yaitu penguatan kelembagaan komite sekolah, peningkatan kemampuan organisasi komite sekolah; dan peningkatan wawasan kependidikan pengurus komite sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: peran, kepala sekolah, manajemen, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2014 09:28
Last Modified: 20 Oct 2021 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31424

Actions (login required)

View Item View Item