Implementasi Pendidikan Karakter Pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar Muhammadiyah Baturan Kecamatan Colomadu Karanganyar

Utami, Ratnasari Diah and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2014) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar Muhammadiyah Baturan Kecamatan Colomadu Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (764kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (400kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (58kB)

Abstract

Ada tiga tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. (1) Mendeskripsikan gambaran umum implementasi pendidikan karakter yang sudah diterapkan di SDM Baturan. (2) Mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter. (3) Mengungkapkan solusi yang ditawarkan pada guru untuk mengatasi hambatan dalam penanaman karakter. Bentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data penelitian adalah informan, tempat/peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah (1) pengamatan terlibat aktif (2) wawancara mendalam (3) Studi dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi data dan informan review. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga hal. (1) Guru di SD Muhammadiyah Baturan telah berusaha mempersiapkan pembelajaran dengan model pembelajaran yang berkarakter, namun belum memiliki model yang tepat untuk memperkuat pendidikan karakter pada siswa. (2 beberapa hambatan dalam usaha menanamkan karakter berasal dari siswa, guru, maupun pihak keluarga/orang tua dan lingkungan. (3) Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi hambatan dalam menanamkan karakter pada siswa adalah melalui aturan yang tegas, merancang strategi pembelajaran, rutin dalam menanamkan sikap yang baik, mengadakan komunikasi dengan wali murid, serta memberi teladan kepada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: karakter, pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2014 08:58
Last Modified: 20 Oct 2021 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31423

Actions (login required)

View Item View Item