Kinerja Guru SMPN Kota Surakarta (Kontribusi Kompetensi Profesional Guru, Motivasi, dan Persepsi tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru dan Dampaknya pada Kinerja Guru SMP Negeri Kota Surakarta)

Rahayu, Sri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Kinerja Guru SMPN Kota Surakarta (Kontribusi Kompetensi Profesional Guru, Motivasi, dan Persepsi tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru dan Dampaknya pada Kinerja Guru SMP Negeri Kota Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (909kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (460kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (477kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)

Abstract

Tujuan penelitian yaitu menguji kontribusi 1) kompetensi profesional, motivasi, dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru secara tidak langsung melalui kedisiplinan guru, 2) kompetensi profesional, motivasi, dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru, dan 3) kedisiplinan guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode survei, sedangkan teknik yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), yang dipakai untuk menguji besarnya kontribusi yang ditunjukkan oleh koefisien jalur pada setiap diagram jalur. Sebagai populasi, guru SMP Negeri di Kota Surakarta sebanyak 1179 orang. Dengan multistage random sampling dipilih sampel sebanyak 300 orang. Peneliti menggunakan uji dua sisi dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian yaitu 1) ada kontribusi secara signifikan kompetensi profesional, motivasi, dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru secara tidak langsung melalui kedisiplinan guru dengan besar kontribusi secara simultan 83,8%, 2) ada kontribusi secara signifikan kompetensi profesional, motivasi, dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru dengan besar kontribusi secara simultan 77,1%, dan 3) ada kontribusi secara signifikan kedisiplinan guru terhadap kinerja guru sebesar 74,7%. Penelitian mampu menjelaskan keragaman total sebesar 83,8%. Sumbangan sebesar 16,2% berasal dari variabel di luar fokus penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, kinerja, kompetensi profesional, motivasi, kepemimpinan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Dec 2014 13:17
Last Modified: 20 Oct 2021 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31416

Actions (login required)

View Item View Item