Peran Dakwah bil-hâl Pesantren dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar Ponorogo) Tahun: 2013-2014

Suaidi, M. Zaki and , Dr. Sudarno Shobron, M.Ag and , Dr. Imron Rosyadi M.Ag (2014) Peran Dakwah bil-hâl Pesantren dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar Ponorogo) Tahun: 2013-2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (912kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan dakwah bil hâl sebagai sebuah model dakwah yang berorientasi kepada pemberdayaan dan pengembangan masyarakat (community empowerment) melalui ekonomi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah implementasi dan peran dakwah bil-hâl Pondok Pesanten “Wali Songo” dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Ngabar Tahun: 2013-2014 . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi dan peran dakwah bil-hâl PPWS dalam pemberdayaan masyarakat Ngabar dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera dan mandiri secara ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena peneliti langsung menggali data di lapangan yaitu PPWS Ngabar Ponorogo. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Dakwah bilhâl dilaksanakan melalui program-program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi. Teknis pemberdayaan ekonomi dilakukan spesifik melalui YPPWPPWS diharapkan mampu menjembatani, membantu dan memfasilitasi masyarakat Ngabar keluar dari kemiskinan melalui model-model pemberdayaan yang dilakukan antara lain: (1) Pemberdayaan tenaga kerja sekitar pesantren, (2) Pemberdayaan pertanian, (3) Pemberdayaan peternakan sapi, (4) Pemberdayaan kesehatan masyarakat, (5) Pemberdayaan penyiaran dan komunikasi dan (6) Pemberdayaan kelompok usaha rumahan. Adapun peran dakwah bil-hâl Dakwah bil-hâl menghasilkan perubahan dan pencapaian dalam masyarakat Ngabar, khususnya di bidang ekonomi. Dakwah bil-hâl memiliki peran sebagai motivator, dinamisator dan fasilitator program pemberdayaan ekonomi masyarakat Ngabar, dengan melibatkan peran institusi agama, kyai dan pesantren.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: dakwah bil-hâl, pesantren, pemberdayaan ekonomi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Dec 2014 11:30
Last Modified: 19 Oct 2021 11:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31381

Actions (login required)

View Item View Item