Pengelolaan Penjaminan Mutu Sekolah Pasca Penghapusan Status RSBI (Studi Situs pada SMP Negeri 1 Surakarta)

MASHUDI , ARIF (2014) Pengelolaan Penjaminan Mutu Sekolah Pasca Penghapusan Status RSBI (Studi Situs pada SMP Negeri 1 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (924kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (525kB)

Abstract

Setiap satuan pendidikan harus memiliki mutu yang dapat memberikan implikasi prestasi di setiap aspek bagi semua peserta didik di sekolah tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pengelolaan penjaminan mutu pendidikan sehingga visi, misi, dan tujuan sekolah tersebut dapat tercapai dengan optimal. Penghapusan status RSBI dan SBI oleh Mahkamah Konstitusi pada tanggal 8 Januari 2013 memberikan dampak terhadap setiap sekolah yang memiliki status tersebut dalam hal penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan bagi masyarakat secara umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya pengelolaan penjaminan mutu sekolah pasca penghapusan status RSBI di SMP Negeri 1 Surakarta melalui pendekatan berbasis manajemen mutu terpadu. Aspek yang menjadi sub fokus penelitian ini adalah; (1) usaha pemberdayaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan; (2) arahan kebijakan kurikulum sekolah yang menjaga mutu SBI; dan (3) pengelolaan sarana prasarana sekolah yang memadai. Jenis penelitian ini berorientasi pada deskriptif kualitatif yang mengobservasi ketiga sub fokus tersebut di atas secara alamiah. Adapun hasil penelitian adalah beberapa rekomendasi langkah antisipatif yang berdasarkan karakteristik pengelolaan ketiga sub fokus tersebut di atas sebagai upaya pengelolaan penjaminan mutu dari sekolah bagi keberlangsungan sistem pendidikan dan pengajaran yang bermutu.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: mutu; prestasi; RSBI; sistem pengelolaan dan penjaminan mutu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Dec 2014 14:39
Last Modified: 17 Dec 2014 14:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31374

Actions (login required)

View Item View Item