Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Sekolah Kreatif SD Muhtadin (SD Muhammadiyah Kota Madiun)

, Suwardi and , Dr. Muh. Muinudinillah Basri, MA and , Dr. H. Samino, M.M (2014) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Sekolah Kreatif SD Muhtadin (SD Muhammadiyah Kota Madiun). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF ( Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_TESIS_SUWARDI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)

Abstract

Seorang pemimpin dalam organisasi sangat dibutuhkan untuk membawa organisasi kepada tujuan yang telah ditetapkan. Sekolah Kreatif SD Muhtadin merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai orientasi pendidikan masa depan, unggul dan peserta didiknya memiliki prestasi baik dari segi akademik maupun non akademik Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tipe kepemimpinan kepala sekolah SD Muhtadin, dengan sub fokus mencakup: (1) Bagaimana tipe kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah dalam pengembangan lembaga Pendidikan Islam Sekolah Kreatif SD Muhtadin 2) apa saja usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam pengembangan lembaga Pendidikan Islam Sekolah Kreatif SD Muhtadin, dan (3) target output yang diinginkan Sekolah Kreatif SD Muhtadin Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan model analisis interaktif yang mengandung empat komponen yang saling berkaitan, yaitu: pengumpulan data, penyederhanaan data, pemaparan data, dan penarikan dan pengajuan simpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas, dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode sehingga diperoleh data yang objektif Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tipe kepeminpinan kepala sekolah kreatif SD Muhtadin, yaitu kepemimpinan demokratis (aspiratif akomodatif, assertif dan terbuka), dimana selama proses kepemimpinannya mampu melakukan perubahan dan memiliki visi ke depan untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang dipimpinnya menuju sekolah kreatif dan unggul, (2) usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam pengembangan Sekolah Kreatif SD Muhtadin yaitu membangun sistem sekolah yang meliputi: Manajemen personalia, Manajemen kurikulum, Manajemen keuangan, Manajemen kesiswaan/ peserta didik, Manajemen Sarana dan Prasarana, Manajemen Hubungan Masyarakat, Manajemen layanan khusus, dan (3) adapun target output yang inginkan sekolah kreatif SD Muhtadin, yaitu: Output awal (Hasil Awal) diantaranya : a) Adanya perubahan Kwantitas peserta didik, b) Berusaha untuk tidak menolak siswa bagaimanpun kondisinya. Sedangkan target Output secara umum diantaranya : a) Sistem kreatif yang diadopsi bisa berjalan dan terlaksana dengan baik, menjadikan sekolah SD Muhtadin sebagai sekolah unggulan dan favorit di Kota Madiun b) Meningkatkan kepercayaan publik dengan menyekolahkan putra putrinya di SD Muhtadin

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Pengembangan, Sekolah Kreatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Dec 2014 13:23
Last Modified: 19 Oct 2021 12:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31366

Actions (login required)

View Item View Item