Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2012/2013

Appandi, Hoer (2014) Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2012/2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (317kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (885kB)

Abstract

Peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui manajemen berbasis sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun 2012/2013. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui manajemen berbasis sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun 2012/2013? Bagaimanakah peran guru PAI dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui manajemen berbasis sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun 2012/2013? Tujuan dari penelitian ini adalah; Untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui manajemen berbasis sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui manajemen berbasis sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena peneliti langsung menggali data di lapangan. Bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui Manajemen Berbasis Sekolah dengan lokasi penelitian ini di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta, subjek study kepada kepala sekolah dan guru PAI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian tentang, peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui manajemen berbasis sekolah adalah kepala sekolah sebagai pemimpin (leader), motivator, inovator, edukator, dan supervisor. Adapun peran guru PAI dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam melalui manajemen berbasis sekolah, adalah dalam penyampaian materi menggunakan metode variasi, mengikuti peningkatan kompotensi guru, mendampingi siswa dalam ekstrakulikuler keagamaan, memberikan bimbingan dan teladan bagi siswa, dan memberikan motivasi bagi siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Mutu PAI, dan Manajemen Berbasis Sekolah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Dec 2014 12:46
Last Modified: 17 Dec 2014 15:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31361

Actions (login required)

View Item View Item