Perancangan Game Edukasi Pengenalan Huruf Alfabet Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita

Styawan, Bontos Agus (2014) Perancangan Game Edukasi Pengenalan Huruf Alfabet Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan luar biasa terdapat beberapa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), salah satunya adalah anak penyandang tunagrahita. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunagrahita memerlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan anak normal dalam pemahaman materi pelajaran yang disampaikan, termasuk pemahaman tentang huruf alfabet (A-Z) yang merupakan pelajaran dasar bagi anak - anak. Anak Berkebutuhan Khusus tunagrahita membutuhkan metode belajar yang berbeda dan interaktif agar dapat mengingat dan mempelajari huruf alfabet. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti akan merancang sebuah game pengenalan huruf yang interaktif, mudah dimainkan dan dapat dijadikan media pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Metode yang digunakan dalam pembuatan game adalah SDLC. SDLC (System Development Life Cycle) merupakan metode yang cukup populer dalam merancang dan membangun sebuah sistem. Banyak programmer dan analisis sistem menggunakan metode ini dalam membangun suatu system dengan melalui tahapan seperti, definisi kebutuhan, analisa kebutuhan, perancangan, pembangunan sistem, pengujian sistem dan perawatan sistem. Pembuatan game ini menggunakan software Unity3D. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu telah dibuat game pengenalan huruf alfabet dengan baik, dan berdasarkan hasil kuisioner yang diisi guru SDLBC Kerten dapat dinyatakan bahwa game yang dibuat sangat menarik sehingga membuat anak tertarik untuk memainkannya, game bisa digunakan untuk melatih motorik anak karena bersifat interaktif, dapat digunakan guru untuk media pembelajaran pengenalan huruf, game ini mudah dimainkan ketika yang memainkannya adalah anak tunagrahita yang kategori ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, huruf, kinect , unity3D
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Dec 2014 08:01
Last Modified: 16 Dec 2014 08:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31337

Actions (login required)

View Item View Item