Perancangan Sistem Informasi Penjualan Kerajinan Rotan Berbasis Android (Studi Kasus di Klaster Rotan Trangsan, Gatak, Sukoharjo)

Priadi, Wahyu and , Nurgiyatna, S.T., M.Sc., Ph.D (2014) Perancangan Sistem Informasi Penjualan Kerajinan Rotan Berbasis Android (Studi Kasus di Klaster Rotan Trangsan, Gatak, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (844kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (684kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Hasil_Kuisioner.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat mendorong manusia untuk menggunakan teknologi untuk berkembang. Kemajuan teknologi telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi dunia teknologi informasi. Munculnya berbagai jenis aplikasi yang mampu memberikan kemudahan dalam aktivitas kehidupan sehingga memberikan manfaat bagi manusia. Saat ini teknologi mobile khusunya android tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga digunakan untuk mendapatkan informasi secara cepat dimana saja dan kapan saja. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk mebantu memulihkan penjualan kerajinan rotan di Klaster Rotan Trangsan yang saat ini sedang mengalami penurunan penjualan. Hal tersebut juga mempengaruhi perekonomian di daerah Trangsan, Gatak, Sukoharjo. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk membuat aplikasi Perancangan Sistem Informasi Penjualan Kerajinan Rotan Berbasis Android yang diharapkan dapat memberikan informasi dan membantu dalam kegiatan jual – beli. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem menggunakan metode SDLC (System Development Life cycle). Selanjtnya perancangan dan pembangunan sistem dilakukan dengan proses perancangan UML (Unfied Modelling Language) dengan use case, flowchart, diagram activity dan diimplementasikan menggunakan aplikasi Android Developer Tools version : 22.01.v201305230001-685705, untuk membuat program berbasis android mobile. Hasil pengujian dengan menggunakan kuisioner yang diberikan kepada 12 responden yang terdiri dari 2 penjual dan 10 pembeli terhadap aplikasi perancangan sistem informasi penjualan kerajinan rotan berbasis android untuk penjual didapat presentase interpretasi sebesar 85%. Sedangkan hasil kuisioner yang diberikan kepada pembeli didapat presentase interpretasi sebesar 84%. Sehingga dari hasil kuisioner yang telah diberikan kepada penjual dan pembeli dapat disimpulkan aplikasi penjualan ini sangat bermafaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: android, penjualan, klaster, rotan, teknologi informasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 15 Dec 2014 13:30
Last Modified: 09 Nov 2022 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31334

Actions (login required)

View Item View Item