Pengembangan Aplikasi Presensi Sidik Jari dengan menggunakan Alihragam Wavelet dan Jarak Euclidean di Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri

PUTRA, RANDI GUSTAMA (2014) Pengembangan Aplikasi Presensi Sidik Jari dengan menggunakan Alihragam Wavelet dan Jarak Euclidean di Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (885kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sampai saat ini, sudah banyak digunakan fingerprint sebagai alat untuk absensi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu penelitian yang dapat mempermudah seseorang dalam mengidentifikasi sidik jari. Untuk mempermudah dibutuhkan teknik atau metode yang dapat mengenali citra/gambar sidik jari dan akan mengidentifikasi pemilik sidik jari. Proses pengenalan sidik jari dimulai dari akuisisi data citra, pengolahan gambar, dan dekomposisi proses dengan transformasi wavelet. Transformasi wavelet mengunakan citra yang ditangkap oleh fingerprint reader yang menghasilkan gambar citra, kemudian dilakukan perhitungan energi dari setiap sidik jari dari dekomposisi wavelet yang sudah dihitung dan akan disimpan dalam database. Proses selanjutnya citra sidik jari yang ditangkap fingerprint reader akan dicocokkan dengan citra yang ada pada database. Hasil dari identifikasi sidik jari diambil dari perbandingan vektor ciri masukan dengan vektor ciri basis data yang diambil dari jarak Euclidian paling kecil. Penelitian dilakukan dengan menggunakan transformasi wavelet yaitu wavelet haar. Uji coba menggunakan 40 gambar sidikjari dari 10 responden, masing-masing responden mempunyai 4 citra sidik jari yang telah disimpan dan tiga kali melakukan absensi. Setelah dilakukan pengujian metode transformasi wavelet dengan menggunakan wavelet haar menunjukan hasil tingkat kebenaran yaitu sekitar 80%. Kurangnya persentase keakurasian pengenalan sidik jari dikarenakan terkadang masih terdapat kesalahan dalam pengenalan sidik jari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: wavelet, sidik jari, absensi, jarak euclidean
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 15 Dec 2014 12:20
Last Modified: 15 Dec 2014 12:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31328

Actions (login required)

View Item View Item