Pemodelan Virtual Reality One Day Service Sebagai Media Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta

PUDYANTO, ADITYA FATKUR (2014) Pemodelan Virtual Reality One Day Service Sebagai Media Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (877kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini teknologi komputer semakin berkembang pesat. Salah satunya merupakan teknologi multimedia yang berguna sebagai media informasi yang disampaikan dalam bentuk animasi 3D virtual reality yang dapat membuat pengguna berinteraksi langsung dengan kondisi lingkungan sebenarnya. Studi kasus diambil dari salah satu tempat pendaftaran yaitu Gedung Admisi One Day service yang digunakan untuk melakukan pendaftaran bagi para calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta. Permasalahan yang muncul merupakan terbatasnya akan informasi dan kurang jelasnya prosedur alur serta tata letak tempat pendaftaran bagi calon mahasiswa baru yang dikarenakan seringnya terjadi antrian dan kurangnya staff untuk memberikan informasi. Oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk merancang dan membuat ke dalam bentuk aplikasi pemodelan 3D secara virtual reality yang akan membantu calon mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi yang mudah dan jelas akan denah lokasi tempat dan prosedur alur pendaftaran di Gedung Admisi One Day Service. Perancangan aplikasi pemodelan virtul reality ini diberi nama VROYSE (Virtual Reality One Day Service) yang berfungsi untuk membantu calon mahasiswa baru mendapatkan informasi tentang prosedur alur pendaftaran dan tata letak tempat panitia. Pembuatannya dimulai dengan melakukan pengumpulan data, kemudian dilanjutkan dengan analisa kebutuhan sistem yang kemudian dibuatnya storyboard yang membantu dalam pembuatan pemodelan dan alur pengerjaanya. Selanjutnya dilakukan perancangan objek 3D bangunan dan karakter menggunakan aplikasi Google SketchUp Pro 8 dan Blender 2.68. Kemudian gabungkan menjadi satu objek 3D yang telah dibuat menggunakan aplikasi Unity Enginer 4.3 dan disusun berdasarkan kondisi lingkungan sebenarnya Gedung Admisi One Day Service. Selanjutnya aplikasi diujikan kepada responden yang berada di Gedung Admisi One Day Servce yaitu kepada para calon mahasiswa baru untuk memberikan penilaian terhadap aplikasi melalui kuisioner. Hasil yang diperoleh yaitu aplikasi VROYSE berfungsi sebagai media informasi yang ditampilkan secara menarik dengan tampilan 3D yang membantu calon mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi dengan mudah dan jelas terkait lokasi tempat dan proses alur pendaftaran di Gedung Admisi One Day Service Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: virtual reality, gedung admisi, aplikasi VROYS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 15 Dec 2014 12:09
Last Modified: 15 Dec 2014 12:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31327

Actions (login required)

View Item View Item