Perancangan Dan Implementasi Jaringan Komputer Berdasarkan Metode Quality Of Service (QOS) di SMK Smart Informatika Surakarta

Nurmanto, David and , Hernawan Sulistyanto, S.T., M.T. (2014) Perancangan Dan Implementasi Jaringan Komputer Berdasarkan Metode Quality Of Service (QOS) di SMK Smart Informatika Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (890kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

Perancangan jaringan komputer sangatlah penting dalam pembuatan sistem jaringan komputer. Kondisi jaringan SMK Smart Informatika Surakarta secara fisik saat ini sudah terhubung, namun pengaturan struktur jaringan masih kurang terstruktur, sulitnya administrator untuk mengetahui tata letak jaringan, keamanan akses internet dan kecepatan internet kurang optimal. Kondisi seperti ini diperlukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan. Tujuan penelitian adalah mempermudah administrator jaringan dalam mengetahui tata letak jaringan dibuat semirip mungkin terhadap arsitektur jaringan, meningkatkan keamanan jaringan hotspot dengan menambahkan hotspot login dan yang mana setiap pengguna memiliki user name dan password yang berbeda–beda, untuk memperlancar akses internet menggunakan proxy server selain itu juga untuk meminimalisir xpenyalahgunaan dalam pengaksesan internet terhadap domain maupun keyword. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, literatur. Dari metode peneliti melakukan analisa terhadap permasalahan jaringan dan dibuat perancangan jaringan yang dibutuhkan kemudian dilakukan pengujian terhadap hasil rancangan yang baru yang kemudian diimplementasikan. Peralatan yang dibutuhkan Microsoft Visio untuk pembuatan pemetaan jaringan, Mikrotik untuk pembuatan hotspot login dengan menambahkan user name dan password, Ubuntu Server, Squid untuk proxy server. Hasil penelitian yang diperoleh dari perancangan dan implementasi jaringan komputer adalah pemetaan jaringan yang lebih terperinci, hotspot login, peningkatan kecepatan akses internet dengan selisih waktu hingga 14,93 detik pada trafik sepi serta 27,14 detik saat trafik padat. Pada penelitian dilakukan analisa kinerja jaringan dengan menggunakan parameter QoS (Quality of Service) diantaranya throughput nilai maksimal didapat 3262,17 Bps (Byte per second), packet loos maksimal didapat 0,045%, delay nilai maksimal didapat 101,5 ms dan untuk nilai jitter maksimal 16,24 ms.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Microsoft Visio, Hotspot, Login, Wireless, Proxy, Squid, QoS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Dec 2014 09:12
Last Modified: 08 Nov 2022 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item View Item