Game Edukasi Olahraga Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect

Puspitasari, Yuliana (2014) Game Edukasi Olahraga Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (465kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang memiliki kemampuan dibawah anak normal karena mereka mengalami keterlambatan dan gangguan dalam perkembangannya sehingga membutuhkan penanganan khusus, dan anak-anak berkebutuhan khusus seperti itu berada dalam sekolah luar biasa (SLB). Di SLB-C YPSLB Surakarta terdapat pembelajaran olahraga dan dalam penyampaiannya masih menggunakan metode yang lama yaitu mengikuti arahan dari guru sehingga siswa cenderung tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran olahraga karena dianggap membosankan dan itu terbukti ketika penulis melakukan penelitian di SLB-C YPSLB Surakarta saat siswa mengikuti mata pelajaran olahraga, oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk merancang dan membuat aplikasi berupa game edukasi sebagai sarana pembelajaran dan bermain dalam pembelajaran olahraga dengan teknologi berbasis sensor gerak kinect. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Unity 3D dengan bahasa pemrograman C Sharp (C#) sebagai game engine, 3Ds Max sebagai aplikasi untuk pembuatan karakter 3d dengan format fbx serta menggunakan Adobe Photoshop CS3 dan Cool Edit sebagai software pendukung. Pengujian untuk penilaian terhadap aplikasi ini dilakukan di SLB-C YPSLB Surakarta untuk responden guru kelas 1SD dengan mendemokan aplikasi secara langsung dan siswa diminta untuk mencoba aplikasi tersebut kemudian responden yaitu guru kelas 1SD memberikan penilaian tehadap aplikasi dengan mengisi form kuisioner. Hasil dari penelitian ini adalah telah berhasil dibuat game edukasi pembelajaran olahraga untuk anak berkebutuhan khusus tunagrahita berbasis kinectdengan baik karena responden yaitu semua guru kelas 1SD di SLB-C YPSLB Surakarta menyatakan setuju bahwa game edukasi pembelajaran olahraga untuk anak berkebutuhan khusus tunagrahita berbasis kinectini menarik, interaktif dan dapat memberikan variasi dalam penyampaian materi olahraga khususnya melempar kepada siswa kelas 1SD di SLB-C YPSLB Surakarta terbukti dengan antusias siswa yang tinggi untuk mencoba game edukasi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinect, olahraga, game, pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Dec 2014 07:54
Last Modified: 13 Dec 2014 07:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31321

Actions (login required)

View Item View Item