Pengembangan Produk Wisata Tawangmangu Berdasarkan Perspektif Wisatawan (Studi Kasus Wisata Alam Grojokan Sewu)

Wijaya, Ratna Puspa and , Ahmad Mardalis, SE.,MBA (2014) Pengembangan Produk Wisata Tawangmangu Berdasarkan Perspektif Wisatawan (Studi Kasus Wisata Alam Grojokan Sewu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (338kB)
[img] PDF (Bab 2)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (Bab 3)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab 4)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] PDF (Bab 5)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung obyek wisata, mengetahui yang pengunjung pertimbangkan dalam mengunjungi obyek wisata dan mengetahui atribut yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini metode deskriptif yang digunakan untuk mengetahui dan mengkaji pengukuran kualitas layanan dengan importance-performance analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung obyek wisata alam Grojokan Sewu, sedangkan sampel penelitian 276 pengunjung obyek wisata alam Grojokan Sewu dengan aksidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa atribut ketertiban, kebersihan, transportasi dan layanan masuk dalam Kuadran A, hal ini menunjukkan bahwa atribut-atribut tersebut dianggap mempengaruhi kepuasan pengunjung, termasuk unsur-unsur jasa yang dianggap sangat penting, namun manajemen belum melaksanaan sesuai dengan keingingan pengunjung, sehingga pengunjung kecewa atau tidak puas. Atribut keindahan, keamanan, kesejukan, keramahan lingkungan, lokasi, kenyamanan, alamiah, dan parkir masuk ke dalam Kuadran B, hal ini menunjukkan bahwa unsur jasa pokok telah berhasil dilaksanakan pengelola, untuk itu wajib dipertahankan dan dianggap bahwa atribut ini sangat penting dan sangat memuaskan. Atribut kenangan, harga tiket masuk, fasilitas pendukung lainnya, jumlah atraksi, rumah makan, cenderamata, promosi, pemandu wisata masuk ke dalam Kuadran C, yang menunjukkan bahwa beberapa atribut ini dianggap kurang penting, tetapi atribut ini tetap perlu ditingkatkan kualitasnya tetapi tidak dalam kategori mendesak. Atribut penginapan masuk ke dalam Kuadran D yang menunjukkan bahwa atribut penginapan mempengaruhi pelanggan kurang penting, akan tetapi pelaksanaanya berlebihan, artinya atribut ini dianggap kurang penting tetapi sangat memuaskan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan, kualitas layanan, kinerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2014 13:30
Last Modified: 16 Oct 2021 15:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31316

Actions (login required)

View Item View Item