Pengembangan Aplikasi Pendukung Keputusan Untuk Membantu Mahasiswa Teknik Informatika dalam Memilih Konsentrasi Berbasis Web

Madinah, Auliya and , Hernawan Sulistyanto, S.T., M.T. (2014) Pengembangan Aplikasi Pendukung Keputusan Untuk Membantu Mahasiswa Teknik Informatika dalam Memilih Konsentrasi Berbasis Web. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (796kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masuk ke dalam konsentrasi yang diinginkan oleh seorang mahasiswa semester empat Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang tentunya sesuai dengan kriteria yang diinginkan merupakan suatu hal yang diharapkan. Tetapi memang tidaklah mudah untuk memutuskan serta memilih konsentrasi dikarenakan oleh keterbatasan informasi yang mereka miliki dari setiap konsentrasi. Berbagai kendala dan faktor mahasiswa dala memilih konsentrasi yang sesuai dengan kriteria memang cukup membingungkan, apalagi jika mahasiswa hanya mengikut temannya, serta kurang kepercaya dirian dengan kemampuan yang dimiliki. Oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk membuat aplikasi sistem pendukung keputusan untuk membantu mahasiswa Teknik Informatika dalam memilih konsentrasi berbasis web. Aplikasi pendukung keputusan untuk membantu mahasiswa Teknik Informatika dalam memilih konsentrasi ini dibuat menggunakan software Macromedia Dreamweaver 8, Adobe Photoshop CS5, XAMPP 1.8.3, Notepad++. Metode dirancang menggunakan metode waterfall yaitu metode yang menggunakan pendekatan secara sistematis dan urut mulai dari level mendefinisikan kebutuhan sistem sampai maintenance. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan yaitu menggunakan AHP (Analytical Hierarchy Process). Pembobotan yang diambil untuk memilih konsentrasi yaitu dengan menjumlahkan skor semua kriteria dan kemudian dibandingkan. Sehingga pemilihan konsentrasi ditentukan berdasarkan kriteria minat, nilai dan tes kemampuan dasar. Aplikasi pendukung keputusan untuk memilih konsentrasi menggunakan metode AHP dapat membantu mahasiswa dalam memilih konsentrasi yang semula kebingunan untuk memilihnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi, sistem pendukung keputusan, AHP, waterfall
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 12 Dec 2014 12:30
Last Modified: 08 Nov 2022 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31309

Actions (login required)

View Item View Item