Pemanfaatan Kinect untuk Game Edukasi Pelatihan Merawat Diri untuk Anak Sekolah Dasar Berkebutuhan Khusus Tunagrahita

Sholihah, ST. Laila Mar’atus and , Endah Sudarmilah, S.T., M.Eng (2014) Pemanfaatan Kinect untuk Game Edukasi Pelatihan Merawat Diri untuk Anak Sekolah Dasar Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi_laila.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_awal.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus tunagrahita merupakan anak dengan keterbelakangan mental atau memiliki kemampuan intelektual umum dibawah rata-rata. Sehingga agar dapat mandiri, anak tunagrahita perlu bimbingan serta pelatihan untuk berinteraksi serta merawat dirinya sendiri secara berulang-ulang. Peneliti mengambil permasalahan tersebut dengan merancang membuat game edukasi terkait dengan kemandirian yang dibutuhkan anak tunagrahita SDLB-C. Dalam pembuatannya, aplikasi game edukasi pelatihan merawat diri ini akan memanfaatkan teknologi Kinect Xbox 360 dengan engine Unity3D. Game engine Unity3D sendiri mendukung beberapa bahasa pemrograman, seperti java script, CS script, dan BOO script. Game edukasi tersebut akan meminta anak tunagrahita untuk berperan aktif memainkannya dengan menggerakkan tangan. Pemanfaatan Kinect sebagai game edukasi pelatihan merawat diri untuk anak sekolah dasar berkebutuhan khusus tunagrahita ini bertujuan untuk memberi pelatihan kepada anak tunagrahita tentang bagaimana merawat diri, khususnya dalam kebersihan anggota tubuh. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah SDLC (System Development Life Cycle). Mulai dari analisis, perancangan, pembuatan sistem, pengujian hingga perawatan sistem. Pengujian dilakukan dengan mendemokan langsung game edukasi merawat diri ini kepada anak tunagrahita kelas 1 SDLB-C YPSLB Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah games edukasi ini cukup untuk membantu anak tunagrahita dalam meningkatkan kemampuan untuk merawat diri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adalah pemanfaatan Kinect dalam games edukasi pelatihan merawat diri ini mampu memberikan materi merawat diri dengan cara yang menarik, akan tetapi dalam memainkannya anak tunagrahita masih perlu bimbingan dari guru atau orang dewasa lainnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: anak tunagrahita, game edukasi, Unity3D, Kinect Xbox 360
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Dec 2014 09:58
Last Modified: 19 Oct 2021 03:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31302

Actions (login required)

View Item View Item