Representasi Maskulinitas Dan Satanisme Pada Video Musik Live Konser Black Metal (Analisis Semiotika Representasi Maskulinitas dan Satanisme pada Video Live Konser Musik Black Metal “Carving A Giant” dan “Possessed by Satan” oleh Gorgoroth)

Prihtiyanto, M. Sadyono (2014) Representasi Maskulinitas Dan Satanisme Pada Video Musik Live Konser Black Metal (Analisis Semiotika Representasi Maskulinitas dan Satanisme pada Video Live Konser Musik Black Metal “Carving A Giant” dan “Possessed by Satan” oleh Gorgoroth). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (478kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (500kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (594kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada isu yang sempat berkembang di media yang menyebutkan bahwa musik black metal sudah sangat mengalami peningkatan dalam hal penyebaran. Hal ini bisa dilihat dari semakin menjamurnya band-band yang beraliran black metal. Isu ini menjadi sangat sensitif karena di dalam musik yang beraliran black metal terdapat unsur satanisme yang sangat erat kaitannya dengan penyembahan terhadap setan. Penelitian ini mengambil contoh satu band asal Norwegia yang bernama Gorgoroth untuk dijadikan bahan penelitian karena juga lekat dengan unsur satanisme. Tak lupa sisi maskulinitas juga digali di dalam penelitian ini. Maka ditemukan permasalahan penelitian yang berhubungan dengan maskulinitas dan satanisme yaitu; Bagaimanakah maskulinitas dan satanisme pada musik black metal Carving A Giant dan Possessed by Satan direpresentasikan? Hasil penelitian menunjukkan simbol yang merepresentasikan simbol maskulinitas dan satanisme dengan jumlah total 21 simbol. Simbol representasi dari maskulinitas dan satanisme yang ditampilkan dalam video musik Carving A Giant dan Possessed by Satan oleh Gorgoroth yaitu simbol Dimensi Maskulinitas (Ciri Fisik dan Sifat), Pentagram, Salib Terbalik, Kepala Kambing, Simbol Satanic (Iblis, Jin), Gaya Hidup Hedonis, Seksualitas. Simbol-simbol kebanyakan ini diadopsi oleh pengikut black metal yang notabene juga menganut satanisme. Tentu saja mereka mengadopsi simbol ini untuk hal-hal yang berbau negatif untuk mewujudkan agenda-agenda mereka yang dipropagandakan melalui media massa dengan penyajian menarik misalnya pembuatan video klip kontroversial, berita tentang konser mereka yang mendapat kecaman, sehingga publik secara tidak langsung akan melihat. Melalui hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa simbol maskulinitas dan satanisme dalam video musik Carving A Giant dan Possessed by Satan cukup beragam dan ada beberapa simbol yang diperlihatkan secara vulgar dan jelas. Hal ini bisa dilihat dari atribut yang dipakai seperti kalung salib terbalik, kepala kambing yang ditancapkan pada setiap perhelatan konser,dan backdrop stage dengan simbol pentagram.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Maskulinitas, Satanisme, Video Musik Black Metal
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Dec 2014 08:33
Last Modified: 11 Dec 2014 08:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31297

Actions (login required)

View Item View Item