Peran Identitas Suku Jawa dalam Komunikasi Antarbudaya (Studi Deskriptif Kualitatif Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor Putri yang ada di Demak)

Wafda, Ila Khafia and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. and , Yanti Haryanti, M. A. (2014) Peran Identitas Suku Jawa dalam Komunikasi Antarbudaya (Studi Deskriptif Kualitatif Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor Putri yang ada di Demak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI_REVISI.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (826kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan mengetahui peran identitas budaya berdasarkan pengalaman para Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor Putri dari suku Jawa, agar terhindar dari adanya gesekan yang berujung pada suatu konflik. Penyeragaman dalam pemakaian bahasa oleh pihak internal pondok Gontor Putri agar terhindar dari miskomunikasi melakukan komunikasi verbal pada interaksi antarbudaya dari pengalaman para Alumninya. Berdasarkan pengalaman Alumni Gontor Putri suku Jawa dalam mengetahui adanya perubahan identitas budaya yang mungkin terjadi dikalangan santriwati suku Jawa dalam komunikasi antarbudaya. Pemaparan dari para Alumni suku Jawa terhadap pola komunikasi yang terbentuk dalam komunikasi antarbudaya yang terjadi di Gontor Putri. Adapun objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah para Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor Putri dari suku Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Dalam penelitian ini mengupas seputar pengalaman para Alumni Gontor Putri, penelitian dilaksanakan pada Alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) bertempat di Tanubayan Bintoro Demak. Jenis pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa (1) Mengatasi gesekan pada komunikasi antarbudaya santriwati suku Jawa lebih menganut pada kebudayaan Gontor Putri untuk lebih memahami dan menerima kebiasaan/identitas budaya lain, serta harus memahami sifat masing-masing individu untuk menghindari adanya konflik (2) Menurut pengalaman para Alumni terhadap penyeragaman bahasa oleh pihak Pondok Modern Gontor Putri agar memakai bahasa Arab dan Ingris, serta menerapkan kaidah-kaidah/pelafalan dalam pemakaian bahasa agar terhindar dari miskomunikasi (3) Terhindar dari konflik para Alumni suku Jawa ketika masih menjadi santriwati untuk lebih memahami individu bukan memahami budayanya, harus menganut pada budaya pondok Modern Darussalam Gontor Putri agar terjalin komunikasi yang efektif dan tidak muncul suatu gap/kelompok oleh kebudayaan masing-masing. Serta menjadikan pengetahuan dan pembelajaran dalam interaksi antarbudaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran identitas budaya, Komunikasi antarbudaya, Alumni suku Jawa.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Dec 2014 14:05
Last Modified: 18 Oct 2021 07:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31287

Actions (login required)

View Item View Item