Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Joglosemar Dalam Upaya Menarik Minat Pemasang Iklan (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Joglosemar Dalam Upaya Menarik Minat Pemasang Iklan Periode Februari-April 2013)

Sukmayati, Desy (2014) Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Joglosemar Dalam Upaya Menarik Minat Pemasang Iklan (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Joglosemar Dalam Upaya Menarik Minat Pemasang Iklan Periode Februari-April 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_1.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (303kB)

Abstract

Surat kabar merupakan salah satu media massa yang masih diminati oleh masyarakat pada saat ini untuk memasang iklan. Sebagai media cetak, surat kabar mempunyai kelebihan yang tidak bisa dimiliki oleh media massa lain seperti radio, televisi, film, dan internet. Iklan yang dipasang di surat kabar lebih tahan lama karena bisa dibaca berulang-ulang tanpa ada batasan durasi waktu, biaya untuk memasang iklan di surat kabar pun lebih murah. Harian Joglosemar yang merupakan perusahaan surat kabar yang ada di Kota Solo mencoba mengambil peluang tersebut untuk mendapatkan pemasang iklan sebanyak mungkin untuk kelangsungan hidup perusahaan. Namun sebagai perusahan baru yang pada tahun 2013 kemarin berusia enam tahun mereka harus menghadapi persaingan yang ketat dengan perusahaan surat kabar lain yang sudah dulu berdiri dan memiliki nama besar serta pengalaman yang banyak. Maka dari itu perlu adanya strategi komunikasi pemasaran yang bagus untuk menarik minat pemasang iklan. Dengan adanya strategi pemasaran, sebuah perusahaan akan lebih mudah untuk mendekati calon pemasang iklan dan dapat meningkatkan kerjasama dengan perusahaan lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Harian Joglosemar dalam upaya menarik minat pemasang iklan pada periode bulan Februari-April 2013. Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi masyarakat mengenai pentingnya strategi komunikasi pemasaran dalam mempromosikan sebuah produk. Selain itu juga dapat menjadikan strategi tersebut sebagai sumber referensi masyarakat yang mempunyai sebuah produk dan ingin memasarkan produknya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif jadi peneliti hanya mendeskripsikan objek sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Langkah-langkah analisis data yaitu melakukan wawancara, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa Harian Joglosemar menerapkan analisis SWOT sebagai analisis pemasaran dengan memfaktor-faktorkan keadaan perusahaan antara lain faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan perusahaan, sedangkan faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman. Selanjutnya strategi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan Harian Joglosemar berfokus pada bauran komunikasi pemasaran diantaranya adalah iklan, promosi penjualan, humas, dan pemasaran langsung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Komunikasi Pemasaran Terpadu
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 23 Dec 2014 11:40
Last Modified: 23 Dec 2014 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31282

Actions (login required)

View Item View Item