Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat dalam Konstruksi Media (Analisis Framing Berita Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat dalam Surat Kabar KOMPAS, Edisi 31 Maret – 3 April 2013 )

Afrizal, Fery and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. (2014) Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat dalam Konstruksi Media (Analisis Framing Berita Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat dalam Surat Kabar KOMPAS, Edisi 31 Maret – 3 April 2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (296kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kongres Luar Biasa Partai Demokrat ramai dibicarakan oleh media, baik media elektronik, portal berita online maupun media cetak. Hal ini disebabkan berita mengenai aktifitas partai yang didirikan oleh Presiden SBY ini menjadi berita yang ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Surat kabar Kompas pun sebagai Koran berskala nasional tidak luput memberitakan tentang KLB Partai Demokrat. surat kabar Kompas sebagai media cetak memang tidak bisa bersaing dengan media elektronik maupun internet dalam hal kecepatan menyampaikan berita. Dengan sifat media cetak yang berupa cetakan (print) membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa sampai ditangan pembaca. namun media cetak memiliki waktu yang cukup untuk mengumpulkan berita lalu menyusunnya dengan pemberitaan yang lebih mendalam. Meski belakangan ini, konsep meliputan mendalam juga bisa dijumpai dalam media elektronik. Selain itu format cetakan (print) ini memudahkan peneliti untuk menganalisa teks pemberitaan Kompas mengenai KLB Partai Demokrat. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruksionis dengan metode penelitian kualitatif, sementara teknik analisis data menggunakan analisis framing model Pan and Kosicky. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kecenderungan dari surat kabar Kompas untuk memberikan porsi yang besar kepada pengamat politik untuk mengkritisi hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat. sehingga Kompas terlihat tidak berimbang dalam pemberitaan terkait KLB Partai Demokrat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Surat Kabar Kompas, KLB Partai Demokrat.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Dec 2014 12:37
Last Modified: 05 Nov 2022 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31277

Actions (login required)

View Item View Item