Pengembangan Model Aplikasi Pembelajaran Keanekaragaman Makhluk Hidup Menggunakan HTML5

Harun, Lukman (2014) Pengembangan Model Aplikasi Pembelajaran Keanekaragaman Makhluk Hidup Menggunakan HTML5. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (744kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab iii)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (986kB)

Abstract

Aplikasi pembelajaran merupakan suatu program yang dirancang untuk membantu siswa dalam proses belajar. Aplikasi yang dibuat harus terdapat interaksi antar komponen-komponen pembelajaran sehingga bisa disebut sebagai aplikasi pembelajaran interaktif. Peneliti mengambil objek pada materi pembelajaran tentang keanekaragaman makhluk hidup yang terdiri dari beberapa sub materi yaitu ciri-ciri makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup dan sistem organisasi kehidupan. Dengan materi yang begitu banyak pasti akan sulit bagi siswa dalam mempelajarinya, maka peneliti mengambil inisiatif untuk membuat aplikasi pembelajaran tentang keanekaragaman makhluk hidup agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Perancangan aplikasi pembelajaran ini menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari lima tahap yaitu : analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program dan penerapan program. Sedangkan untuk bahasa pemrograman yang digunakan yaitu html5, css3 dan javaScript. Hasil yang diperoleh dari penilaian kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas tujuh dan guru SMP Muhammadiyah 5 Ulujami menyatakan 92% menyatakan aplikasi pembelajaran ini interaktif dan lebih dari 84% menyatakan aplikasi ini bisa menjadi media alternatif non konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran, Keanekaragaman Makhluk Hidup, HTML5
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2014 11:45
Last Modified: 10 Dec 2014 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31269

Actions (login required)

View Item View Item