Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Sapi Berkualitas dengan Metode TOPSIS

Sofa, Erman and , Dr. Heru Supriyono, S.T., M.Sc. (2014) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Sapi Berkualitas dengan Metode TOPSIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (675kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)

Abstract

Berawal dari adanya program pemerintah yang khusus ditujukan untuk para peternak sapi di daerah Nogosari. Asosiasi peternak sapi Nogosari (ASPIN) merupakan sebuah organisasi peternakan sapi. Karena banyak nya anggota baru yang masih belum mengerti jenis bibit sapi yang bagus untuk digemukan dan cara berternak sapi yang baik dan benar itu bagaimana. Dalam penelitian ini peneliti ingin membuat sistem pendukung keputusan yang bias digunakan untuk menentukan sapi yang berkualitas yang akan digemukkan bagi sebagian peternak yang masih baru atau tahap belajar. Sampel penelitian adalah tiga jenis sapi yang tidak asing lagi untuk masyarakat wilayah Boyolali khususnya kecamatan Nogosari yaitu jenis sapi Simmental, Limousin dan Peranakan Ongole (PO). Program aplikasi pemilihan bibit sapi berkualitas dengan metode Technique For Oder Reference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) akan dibuat berbasis web sehingga para peternak dapat dengan mudah bisa mengaksesnya. Dan ada beberapa fitur tambahan seputar pembuatan kandang, perawatan, pemberian pakan, kalkulasi biaya sementara dan kalkulator sederhana. Pengujian system dilakukan dengan cara pengujian secara manual dan yang dilakukan system. Hasil menunjukkan bahwa hasil proses system dengan proses manual sama hasinya. Dalam aplikasi ini pengguna dapat menjalankan program dengan mudah untuk mendapatkan hasil dari sebuah system untuk menentukan bibit sapi berkualitas dan untuk mendapatkan informasi seputar pembuatan kandang yang baik dan benar, cara perawatan ternak, cara pemberian pakan ternak sampai dengan kalkulasi perhitungan biaya untuk berternak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: System Pendukung Keputusan Dengan Metode Technique For Oder Reference By Similarity To Ideal Solution ( TOPSIS )
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2014 10:00
Last Modified: 19 Oct 2021 02:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31268

Actions (login required)

View Item View Item