Pengaruh Berkumur Dengan Propolis Konsentrasi 5%, 10%, & 15% Dalam Menghambat Terbentuknya Plak Gigi Pada Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010

Prity, DJ Dewangga Yunico and , Dwi Kurniawati, S.KG, MPH and , drg. Gunawan Sri Sarjono (2014) Pengaruh Berkumur Dengan Propolis Konsentrasi 5%, 10%, & 15% Dalam Menghambat Terbentuknya Plak Gigi Pada Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (746kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (407kB)

Abstract

Plak merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya penyakit gigi dan mulut, terutama karies, gingivitis dan periodontitis. Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai macam tindakan kontrol plak salah satunya dengan cara kimiawi yaitu berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiplak dan antimikroba. Obat kumur yang mengandung anti plak dan antimikroba salah satunya adalah obat kumur yang dibuat dari ekstrak propolis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh berbagai konsentrasi Propolis untuk menghambat terbentuknya plak gigi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non randomized control group pretest posttest design. Sampel penelitian sebanyak 36 orang mahasiswa Kedokteran Gigi angkatan 2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel dibagi menjadi 4 kelompok masing-masing terdiri 9 orang. Kelompok 1 diberi perlakuan Aquades sebagai kontrol negatif, kelompok 2 diberi perlakuan dengan Propolis 5% dalam sediaan obat kumur, kelompok 3 diberi perlakuan dengan Propolis 10% dalam sediaan obat kumur, & kelompok 4 diberi perlakuan dengan Propolis 15% dalam sediaan obat kumur. Objek penelitian berkumur pada pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur & objek tidak diperbolehkan menggosok gigi dalam jangka waktu 24 jam. Plak dinilai dengan menggunakan Quigely Hein Index modifikasi Turesky. Hasil uji One Way Anova dengan tingkat kepercayaan 95% menghasilkan nilai sig. 0,000 yang berarti terdapat perbedaan nilai plak dari ke-4 kelompok perlakuan (sig.<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh berkumur Propolis terhadap pembentukan plak dengan efek antiplak terbesar pada Propolis 15%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Propolis, antiplak dan antimikroba.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2014 09:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31266

Actions (login required)

View Item View Item