Program Pemanggilan Aplikasi Perkantoran Dengan Microsoft Speech Application Programming Interface yang Terintegrasi Melalui Visual Basic .Net

Shofwanin, Shofwanin and , Aris Rakhmadi, S.T., M. Eng. and , Fatah Yasin Al Irsyadi, S.T., M.T (2014) Program Pemanggilan Aplikasi Perkantoran Dengan Microsoft Speech Application Programming Interface yang Terintegrasi Melalui Visual Basic .Net. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi_Fulltext.pdf

Download (790kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampirann.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)

Abstract

Teknologi pengenalan suara adalah teknologi yang memanfaatkan masukan berupa audio (suara) dengan menggunakan piranti keras berupa microphone untuk menginterpretasikan suara manusia sebagai metode interaksi alternatif dengan komputer. Dengan bantuan aplikasi yang telah dibangun oleh Microsoft, yaitu Speech Application Programming Interface. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan proses pemanggilan aplikasi perkantoran. Masukan berupa suara yang disimpan dalam basis data akan dikenali sebagai perintah untuk melakukan aktifitas tertentu. Proses eksekusi perintah akan terlihat pada layar sesuai dengan perintah yang dieksekusi. Metode yang digunakan untuk mengenali suara atau kata adalah dengan mode diktasi, yaitu mengenal data analog berupa suara ke bentuk data teks yang kemudian disimpan dalam basis data. Keakuratan mode ini tergantung pada pola dan aksen suara serta frekuensi yang dikenali pada lingkungan tertentu. Eksekusi perintah dilakukan dengan mode commmand and control, yaitu mengenali pengucapan kata yang telah tersimpan dalam basis data. Hasil akhir program ini berupa file dengan execute (.exe) yang dapat dijalankan di komputer dengan Windows OS. Hasil pengujian yang telah dilakukan di Wisma Ratih 3 menunjukkan bahwa program membantu pengguna dalam mengoperasikan program aplikasi dan mampu menciptakan suasana interaktif antara pengguna dengan komputer.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: speech recognition, Microsoft, SAPI, Speech Application Programming Interface, diktasi, command and control.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 09 Dec 2014 13:23
Last Modified: 19 Oct 2021 02:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31258

Actions (login required)

View Item View Item