Pengaruh Daya Antibakteri Ekstrak Daun Stevia (Stevia rebaudiana Bertoni) PADA KONSENTRASI 5%, 10%, 20%, 40% Dan 80% TERHADAP Streptococcus mutans (In Vitro)

Putri, Andryana Vera Anindya Astri and , drg. Noor Hafida Widyastuti, Sp.KG and , drg. Vera Megawati., Sp. Ort (2014) Pengaruh Daya Antibakteri Ekstrak Daun Stevia (Stevia rebaudiana Bertoni) PADA KONSENTRASI 5%, 10%, 20%, 40% Dan 80% TERHADAP Streptococcus mutans (In Vitro). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (368kB)

Abstract

Daun stevia (Stevia rebaudiana Bertoni) merupakan semak liar keluarga dari Asteraceae, yang memiliki unsur utama yaitu stevioside yang tingkat kemanisannya 300 kali dari sukrosa dan tidak menyebabkan karies. Daun stevia (Stevia rebaudiana Bertoni) mempunyai kandungan zat aktif seperti alkaloid, flavonoid dan tannin yang memiliki aktivitas antiplak dan antibakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya antibakteri ekstrak daun stevia konsentrasi 5%, 10%, 20%, 40% dan 80% terhadap Streptococcus mutans. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian post test only controlled group design. Penelitian ini menggunakan metode difusi uji antibakteri secara Kirby - Bauer dengan enam perlakuan terdiri dari kontrol negatif (aquadest steril), ekstrak daun stevia konsentrasi 5%, 10%, 20%, 40% dan 80%. Cakram disk yang telah diberi bahan uji diletakkan pada media Mueller Hinton yang berisi bakteri Streptococcus mutans, di inkubasi selama 18-24 jam pada suhu 370C. Zona hambat yang terbentuk di ukur menggunakan sliding caliper. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji one way ANOVA dan LSD. Hasil analisis dengan menggunakan uji ANOVA menunjukkan adanya perbedaan bermakna antar kelompok. Hasil analisis uji LSD menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara tiap-tiap kelompok. Simpulan penelitian ini adalah ekstrak daun stevia dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans (in vitro

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak daun stevia, Stevia rebaudiana Bertoni, antibakteri, Streptococcus mutans.
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Dec 2014 12:20
Last Modified: 20 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31249

Actions (login required)

View Item View Item