Perbedaan Antara Pasta Gigi Yang Tidak Mengandung Herbal Dan Pasta Gigi Dengan Tambahan Herbal Dalam Mengurangi Plak Pada Remaja Di Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah Kota Surakarta

Ardiansah, Edo and , drg. Mahmud Kholifa, MDSc and , drg. Nanang Krisnawan (2014) Perbedaan Antara Pasta Gigi Yang Tidak Mengandung Herbal Dan Pasta Gigi Dengan Tambahan Herbal Dalam Mengurangi Plak Pada Remaja Di Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (324kB)

Abstract

Salah satu indikator kesehatan gigi dan mulut adalah tingkat kebersihan rongga mulut. Hal tersebut dapat dilihat dari ada tidaknya deposit deposit organik, salah satunya adalah plak gigi. Salah satu pengendalian plak secara mekanis adalah menyikat gigi, dan bahan kimia seperti pasta gigi dapat dipergunakan sebagai sarana penunjang pengendalian plak. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai produsen pasta gigi membuat inovasi untuk menambahkan zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan gigi, salah satu zat yang umum ditambahkan pada pasta gigi adalah herbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pasta gigi yang tidak mengandung herbal dan pasta gigi dengan tambahan herbal dalam mengurangi akumulasi plak pada remaja Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah Kota Surakarta. Desain penelitian ini adalah quasi experimental(eksperimental semu) terhadap 49 remaja Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah Kota Surakarta. Subyek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok penyikatan gigi dengan memakai pasta gigi dengan tambahan herbal dan kelompok penyikatan gigi dengan memakai pasta gigi yang tidak mengandung herbal. Penilaian plak dilakukan pada hari pertama dan hari ke tujuh menggunakan Patient Hygiene Performance Index (PHP) dari Podshadley and Haley. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Two Way Annova. Hasil Two Way Annova dari penelitian ini menunjukan hasil signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara pasta gigi yang tidak mengandung herbal dan pasta gigi dengan tambahan herbal dalam mengurangi akumulasi plak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pasta gigi yang tidak mengandung herbal dengan pasta gigi dengan tambahan herbal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Plak, Pasta gigi, Herbal.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2014 10:41
Last Modified: 20 Oct 2021 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31242

Actions (login required)

View Item View Item