Perbedaan Tingkat Depresi Antara Perawat Wanita Menikah Dengan Perawat Wanita Lajang Di Instalasi Rawat Inap RSUD DR. M. Ashari Kabupaten Pemalang

Fahmi, Muhammad Arif and , Prof. Dr. H. M. Fanani, dr., Sp.KJ (K) and , Dr. Erna Herawati, Sp.K.J. (2014) Perbedaan Tingkat Depresi Antara Perawat Wanita Menikah Dengan Perawat Wanita Lajang Di Instalasi Rawat Inap RSUD DR. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (498kB)

Abstract

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta Muhammad Arif Fahmi1, Moh. Fanani2, Erna Herawati3 Latar Belakang: Dewasa ini depresi merupakan salah satu masalah kesehatan jiwa yang utama. Masalah ini sangat penting karena seseorang dengan depresi akan mengalami penurunan produktivitas. Hal ini berdampak buruk bagi penderita sendiri, masyarakat sekitarnya bahkan memiliki dampak buruk bagi negaranya. Sedikitnya 350 juta orang di dunia mengalami depresi dalam hidupnya dan 17% pasien yang berkunjung ke dokter merupakan pasien depresi dengan keluhan-keluhan fisik/somatik. Terdapat banyak stresor psikososial yang dapat menimbulkan depresi, antara lain status pernikahan baik menikah maupun lajang. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat depresi antara perawat wanita menikah dengan perawat wanita lajang di instalasi rawat inap RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Metode Penelitan: Desain penelitian menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden penelitian sebanyak 62 orang yang terdiri atas 31 orang perawat wanita menikah dan 31 orang perawat wanita lajang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengukuran tingkat depresi menggunakan kuesioner Beck Depression Inventory (BDI), pengisian kuesioner dilakukan sendiri oleh responden. Data dianalisis dengan uji Mann-Whitney dengan program SPSS 17.0 for windows. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p = 0,088 (p > 0,05) yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara dua variabel yang diuji. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan tingkat depresi antara perawat wanita menikah dengan perawat wanita lajang di instalasi rawat inap RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat depresi, perawat wanita menikah, perawat wanita lajang
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2014 10:13
Last Modified: 20 Oct 2021 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31239

Actions (login required)

View Item View Item