Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Dan Pemberian Asi Eksklusif Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Di Desa Sidowarno Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten

Rohmatun, Nining Yuliani and , Rustiningsih, S.KM.,M.Kes and , Luluk Ria Rakhma, S.Gz., M.Gizi (2014) Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Dan Pemberian Asi Eksklusif Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Di Desa Sidowarno Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (578kB)

Abstract

mempengaruhi meningkatnya terjadinya resiko kesakitan, kematian, dan gangguan perkembangan motorik terlambat, serta terhambatnya pertumbuhan mental. Prevalensi Stunting pada tahun 2012 di Kecamatan Wonosari sebesar 24%, dan pada penimbangan rutin bulan Agustus 2013 terdapat 29,5% balita stunting di Desa Sidowarno. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu dan pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting pada balita di Desa Sidowarno Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 64 sampel. Kriteria stunting ditentukan berdasarkan Nilai Zscore TB/U < -2 SD menurut WHO child growth standart. Data tingkat pendidikan ibu dan pemberian ASI eksklusif diperoleh dengan wawancara. Analisis dilakukan dengan Chi-Square untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil : Hasil penelitian didapatkan 53,1% balita stunting, 62,5% ibu berpendidikan rendah dan 37,5 % ibu berpendidikan tinggi. 26,6% ibu memberikan ASI secara eksklusif dan 73,4% ibu tidak memberikan ASI secara eksklusif. 67,5% ibu berpendidikan rendah memiliki balita stunting, sementara hanya 29,2% ibu berpendidikan tinggi yang memiliki balita stunting, dan terdapat hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan kejadian stunting pada balita (p=0,007<0,05). Proporsi balita stunting lebih tinggi pada balita yang tidak diberikan ASI eksklusif (61,7%) dibandingkan dengan balita ang diberikan ASI eksklusif (29,4%), dan terdapat hubungan pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting pada balita (p=0,045<0,05). Kesimpulan : Terdapat hubungan signifikan antara tingkat pendidikan ibu dan pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting pada balita di Desa Sidowarno Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan ibu, ASI eksklusif, Stunting
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2014 09:34
Last Modified: 09 Sep 2022 03:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31231

Actions (login required)

View Item View Item