Hubungan Asupan Makronutrien Dan Mikronutrien Dengan Status Gizi Pada Penderita Tb Paru Di BBKPM (Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat) Surakarta

Wisnugroho, Yunasto Catur and , Dyah Widowati, SKM and , Rully Sudaryanto, SST (2014) Hubungan Asupan Makronutrien Dan Mikronutrien Dengan Status Gizi Pada Penderita Tb Paru Di BBKPM (Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat) Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (612kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (268kB)

Abstract

Pendahuluan :TB paru adalah penyakit sosial dengan implikasi medis yang sering terjadi pada populasi yang kurang beruntung seperti: miskin, tidak memiliki tempat tinggal,kekurangan gizi, buruknya sanitasi dan kepadatan penduduk.Keadaan malnutrisi atau kekurangan kalori, protein, vitamin, zat besi dan lain-lain akan mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang sehingga rentan terhadap penyakit termasuk TB paru. Orang dengan TB paru aktif sering kekurangan gizi dan mengalami defisiensi makronutrien serta penurunan berat badan dan penurunan nafsu makan Tujuan :mengetahui hubungan antara asupan makronutrien dan mikronutrien dengan status gizi pada penderita TB paru di BBKPM (Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat) Surakarta MetodePenelitian :Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 45 dipilih dengan metode konsekutif random sampling. Data antropometri, diperoleh dengan cara mengukur BB dan TB secara langsung. Data asupan makan diperoleh dengan wawancara secara langsung dengan menggunakan form Recall 24 jam selama 3 hari. Analisis data dengan uji hubungan Pearson Product Moment. Hasil :Berdasarkan analisis univariat sebagian besar subjek penelitian sebanyak 66,7% asupan karbohidrat tergolong defisit ringan dan sebagian besar subjek penelitian sebanyak 57,8% asupan protein tergolong defisit ringan.Sebagian besar subjek penelitian sebanyak 75,6% asupan vitamin A tergolong defisit ringan dan sebagian besar subjek penelitian sebanyak 80% asupan seng tergolong defisit ringan.Sebagian besar status gizi (IMT) subjek penelitian termasuk normal sebanyak 46,7%. Hasil uji Pearson Product Moment untuk asupan karbohidrat dan protein dengan status gizi nilai p=0,000, hasil uji Pearson Product Moment asupan vitamin A dengan status gizi nilai p=0,002 dan hasil uji Pearson Product Moment asupan seng dengan status gizi p=0,019. Kesimpulan :Terdapat hubungan antara asupan makronutrien dan mikronutrien dengan status gizi pada penderita TB paru di BBKPM (Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat) Surakarta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: asupan karbohidrat, protein, vitamin A, seng, status gizi (IMT)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Dec 2014 13:29
Last Modified: 09 Sep 2022 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31220

Actions (login required)

View Item View Item