Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Ular Tangga Tentang Pencegahan Penyakit Pes Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa SD Negeri 1 Selo Boyolali

Zamzami, Muhammad and , Dwi Astuti, SKM., M.Kes and , Kusuma Estu Werdani, SKM., M.Kes (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Ular Tangga Tentang Pencegahan Penyakit Pes Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa SD Negeri 1 Selo Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (932kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (955kB)

Abstract

Penyakit pes disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis yang ditularkan melalui gigitan pinjal Xenopsylla cheopis (vektor) yang berada pada bulu tikus sebagai reservoar. Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali merupakan daerah endemis pes, sehingga sewaktu-waktu penyakit pes bisa mewabah lagi karena masih ditemukannya titer positif pada tikus dan spesimen darah manusia. Perlu dilakukan pencegahan dini yang tepat melalui anak siswa SD dengan meningkatkan pengetahuan dan sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode ular tangga tentang pencegahan penyakit pes terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa SD Negeri 1 Selo Boyolali. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental dengan rancangan Non-Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas 4-6 dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan 70 sampel. Uji statistik dengan tingkat signifikan (α=0,05) menggunakan uji Paired sample t- test, menunjukkan ada perbedaan nilai rata-rata pengetahuan (p-value=0,000) dan sikap (p-value=0,000) pada kelompok eksperimen setelah perlakuan dan tidak ada perbedaan nilai rata-rata pengetahuan (p-value=0,202) dan sikap (p-value=0,750) pada kelompok kontrol. Hasil uji Independent t-test menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode ular tangga tentang pencegahan penyakit pes terhadap pengetahuan (p-value=0,000) dan sikap (p-value=0,000). Disarankan kepada petugas kesehatan untuk meningkatkan sosialisasi cara pencegahan penyakit pes kepada masyarakat, khususnya tentang vektor dan reservoar penyakit pes.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2014 13:23
Last Modified: 19 Oct 2021 14:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31199

Actions (login required)

View Item View Item