Optimasi Formula Tablet Ekstrak Daun Pepaya (Carica Papaya L.) dengan Bahan Pengikat Gelatin dan Penghancur Explotab Menggunakan Metode Factorial Design

Hidayani, Sri and , Suprapto, M.Sc., Apt (2014) Optimasi Formula Tablet Ekstrak Daun Pepaya (Carica Papaya L.) dengan Bahan Pengikat Gelatin dan Penghancur Explotab Menggunakan Metode Factorial Design. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
7._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Daun pepaya (Carica papaya L.) tumbuh subur di Indonesia dan sering digunakan masyarakat sebagai pelengkap makanan dan pengobatan tradisional. Senyawa saponin yang terdapat pada daun pepaya memiliki aktivitas sebagai antihiperglikemik. Maka dibuat suatu sediaan yang lebih praktis digunakan untuk mengurangi komplikasi dan menunda perkembangan dari diabetes melitus. Ekstrak daun pepaya diperoleh dari hasil maserasi dengan penyari etanol 70%. Ekstrak kental dibuat dalam sediaan tablet dengan kombinasi pengikat gelatin dan penghancur explotab. Terdapat 4 formula tablet dengan bobot masing-masing gelatin dan explotab yaitu: formula 1 (3,33:16) mg; formula 2 (6,66:16) mg; formula 3 (3,33:64) mg; dan formula 4 (6,66:64) mg. Granul diuji sifat fisik meliputi: kecepatan alir, sudut diam, pengetapan, dan kadar air. Tablet diuji sifat fisik meliputi: keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Respon masing-masing uji sifat fisik (granul dan tablet) diolah dengan software Design Expert 8.0.7.1 sehingga diperoleh formula optimum. Hasil optimasi diuji dengan SPSS dengan taraf kepercayaan 95%. Kombinasi antara gelatin dan explotab berpengaruh pada sifat fisik granul yaitu meningkatkan kecepatan alir, menurunkan sudut diam, indeks pengetapan dan kadar air; pada sifat fisik tablet yaitu meningkatkan kekerasan, menurunkan keseragaman bobot, kerapuhan, dan waktu hancur tablet. Hasil optimasi dengan metode factorial design didapatkan 3 formula optimum yaitu pada perbandingan gelatin:explotab berturut-turut 3,35:16 mg; 3,33:16 mg; dan 6,66:64 mg. Hasil uji SPSS menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara formula optimum (3,35:16) dengan formula 1 karena nilai t > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: daun pepaya, gelatin, explotab, optimasi, factorial design
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2014 10:50
Last Modified: 16 Oct 2021 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31186

Actions (login required)

View Item View Item