Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Dengan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Di TK B Pertiwi Kunti Tahun Ajaran 2013/2014

Riza, Steva Danisca Hepy and , Sri Slamet, S.Pd, M.Hum. (2014) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Dengan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Di TK B Pertiwi Kunti Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (841kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (737kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B TK Pertiwi Kunti, Andong, Boyolali Tahun Pembelajaran 2013/ 2014 melalui metode bercerita menggunakan boneka tangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelompok B. Objek penelitian ini berkenaan dengan kemampuan berbahasa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita menggunakan boneka tangan. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan berbahasa anak dalam satu kelas. Sebelum tindakan prosentase yang dicapai adalah 22,3%, pada siklus I mencapai 44,4%, dan siklus II mencapai 83,3%. Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode bercerita menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Pertiwi Kunti Andong Boyolali Tahun Pembelajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa, metode bercerita ,boneka tangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 03 Dec 2014 13:48
Last Modified: 19 Oct 2021 16:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31158

Actions (login required)

View Item View Item