Peningkatan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri ( PTK bagi Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 2 Ngemplak Tahun 2013/2014 )

Setiawan, Havid and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri ( PTK bagi Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 2 Ngemplak Tahun 2013/2014 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi..pdf

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika dengan subyek siswa SMP Negeri 2 Ngemplak kelas VII F semester genap tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dokumetasi, tes dan catatan lapangan. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada akhir siklus I dan siklus II. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari: 1) siswa mampu memahami masalah sebelum tindakan 21,87%, siklus I 40,62%, dan siklus II 71,87%, 2) siswa mampu merumuskan penyelesaian masalah sebelum tindakan 34,37%, siklus I 46,87%, dan siklus II 78,12%, 3) siswa mampu melaksanakan penyelesaian masalah sebelum tindakan 40,46%, siklus I 53,12%, dan siklus II 84,37 % 4) siswa mampu melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan sebelum tindakan 18,75%, siklus I 37,5%, dan siklus II 75% dan siswa yang nilainya tuntas KKM sebelum tindakan 21,87%, siklus I 37,5%, dan siklus II 84,37%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pemecahan masalah, inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2014 06:47
Last Modified: 17 Oct 2021 22:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31129

Actions (login required)

View Item View Item