Strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi kasus smp muhammadiyah 1 kartasura kelas vii-c tahun pelajaran 2013/2014)

Putri, Linda Desi Sutarno and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. (2014) Strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi kasus smp muhammadiyah 1 kartasura kelas vii-c tahun pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF ( Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (405kB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Muhammadiyah I Kartasura adalah sebagai pengelola kelas. Pada praktik di lapangan, banyak kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengelola kelas. SMP Muhammadiyah 1 Kartasura telah berusaha melakukan strategi pengelolaan kelas dengan baik dan maksimal. Hal tersebut terbukti dengan beberapa prestasi yang dicapai dalam bidang akademik dan non-akademik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura, dan mendeskripsikan hambatan serta solusi untuk mengatasi hambatan yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yakni suatu penelitian untuk menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutan, dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas VII-C di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Data dalam penelitian ini dikumpukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan model interaktif Miles & Hubermann.Temuan dalam penelitian ini adalah strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura kelas VII-C meliputi 4 (empat) kegiatan, yaitu penataan lingkungan belajar, cara pengajaran guru (pendidik),administrasi kelas, dan pengaturan perilaku dan pemberian motivasi kepada siswa. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan strategi pengelolaan kelas terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor motivasi dan kondisi psikologis siswa. Faktor eksternal antara lain adalah kendala alokasi waktu dan media. Faktor penghambat, yaitu keragaman karakteristik siswa, guru/wali kelas yang berbeda pemahaman dalam pengelolaan kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, pengelolaan kelas, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 02 Dec 2014 14:31
Last Modified: 19 Oct 2021 13:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31126

Actions (login required)

View Item View Item