Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Polya Strategy Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP (PTK Pada Siswa Kelas VIII A SMP MTA Gemolong Tahun 2013/2014)

Arifin, Hamid and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Polya Strategy Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP (PTK Pada Siswa Kelas VIII A SMP MTA Gemolong Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HAlaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (657kB)
[img] PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (480kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan Polya Strategy pada siswa kelas VIII A SMP MTA Gemolong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas VIII A SMP MTA Gemolong sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 30 siswa dan guru matematika sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) Memahami masalah, sebelum tindakan ada 9 siswa (30%), setelah tindakan menjadi 29 siswa (96,67%); (2) Merencanakan penyelesaian, sebelum tindakan ada 8 siswa (26,67%), setelah tindakan menjadi 23 siswa (76,67%); (3) Melaksanakan perencanaan, sebelum tindakan ada 7 siswa (23,33%), setelah tindakan menjadi 23 siswa (76,67%); (4) Melakukan pengecekan, sebelum tindakan ada 0 siswa (0%), setelah tindakan menjadi 17 siswa (56,67%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan Polya Strategy dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Polya Strategy, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Dec 2014 09:30
Last Modified: 17 Oct 2021 22:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31108

Actions (login required)

View Item View Item