Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Keteraturan Kontrol Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Di Wilayah Puskesmas Bendosari Sukoharjo

Priharianto, Anan and , Arina Ma liya, S.Kep., M.Si.Med and , Fahrun Nur Rosyid, S.Kep., Ns., M.kes (2014) Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Keteraturan Kontrol Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Di Wilayah Puskesmas Bendosari Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_depan.pdf

Download (650kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu penyakit kronik yang menjadi ancaman kesehatan bagi dunia maupun indonesia yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dicegah agar tidak terjadi komplikasi. Salah satu penatalaksanaan Diabetes Melitus adalah dengan teratur kontrol kadar gula darah. Banyak penderita DM di wilayah Bendosari yang tidak teratur kontrol gula darah. Dukungan keluarga merupakan suatu faktor penting dalam kepatuhan manajemen penyakit kronik sehingga perlunya dukungan keluarga dalam manajemen penatalaksanaan Diabetes Melitus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara dukungan keluarga dengan keteraturan kontrol kadar gula darah pada penderita Diabetes Melitus di wilayah Puskesmas Bendosari Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan deskriptf korelatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh penderita Diabetes Melitus yang berobat atau melakukan kunjungan di Puskesmas Bendosari tahun 2013 yaitu berjumlah 837 penderita, dan untuk sampel penelitian yaitu sebanyak 89 responden. penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster sampling dan proportionate random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji chi square (x²) dengan nilai kemaknaan (α=0,05). Berdasarkan hasil analisa data penelitian diketahui bahwa nilai (2hit = 9,363) dan nilai probabilitas 0,009 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 sehngga Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan antara dukungan keluarga dengan keteraturan kontrol kadar gula darah pada penderita Diabetes Melitus di wilayah Puskesmas Bendosari Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Keteraturan Kontrol Kadar Gula Darah, Diabetes Melitus
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 01 Dec 2014 13:38
Last Modified: 25 May 2016 11:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31100

Actions (login required)

View Item View Item