HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU DAN PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN PERFORMANSI KERJA GURU

Yulianingrum, Retno Wahyu (2008) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU DAN PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN PERFORMANSI KERJA GURU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100000248.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Performansi kerja berkaitan erat dengan keberhasilan seseorang dalam melaksanakan pekerjaan. Performansi kerja adalah tingkatan keberhasilan seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Kesuksesan di sini ukurannya tidak dapat disamakan pada semua orang, namun lebih merupakan hasil yang dicapai oleh seseorang menurut ukuran yang berlaku sesuai dengan pekerjaan yang ditekuninya. Performansi kerja dalam hal ini mengarah pada pengertian prestasi kerja yang dicapai oleh individu dalam proses kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi guru dan persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional atasan dengan peningkatan performansi kerja. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara kompetensi guru dan persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional dengan performansi kerja guru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri 2 Donorojo Pacitan dan SMP Negeri 2 Pringkuku Glinggangan, Pacitan berjumlah 48 orang dengan ciri-ciri : a) memiliki masa kerja minimal 5 tahun; b) masih bekerja secara aktif dan berusia maksimal 45 tahun; c) tingkat pendidikan terakhir minimal S1 (Strata 1). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive non random sampling. Berdasarkan hasil analisis regresi dua prediktor diperoleh nilai koefisien korelasi (R) = 0,486; Fregresi = 6,964; p = 0,003 artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara kompetensi guru dan persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional dengan performansi kerja. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru pada subjek tergolong sedang dengan rerata empirik (ME) = 78,042 dan rerata hipotetik (MH) = 80. Persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional pada subjek tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik (ME) = 144,271 dan rerata hipotetik (MH) = 120. Performansi kerja pada subjek tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik (ME) = 84,310. Peranan atau sumbangan efektif kompetensi guru terhadap performansi kerja (SE) = 11,900% dan sumbangan efektif persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional terhadap performansi kerja (SE) = 11,736%. Total sumbangan efektif (SE) = 23,6% (dibulatkan) ditunjukkan oleh R2 = 0,236. Hal ini berarti masih terdapat 76,4% faktor-faktor lain yang mempengaruhi performansi kerja di luar variabel kompetensi guru dan persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional seperti kondisi lingkungan kerja, motivasi, kepribadian. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara kompetensi guru dan persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional dengan performansi kerja. Hal ini berarti variabel kompetensi guru dan persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional dapat digunakan untuk memprediksi variabel performansi kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, gaya kepemimpinan transformasional, performansi kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Sep 2008 02:33
Last Modified: 24 Feb 2011 04:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item