Hubungan Antara Stres Dan Pola Makan Dengan Terjadinya Kekambuhan Hipertensi Pada Lansia Di Posyandu Lansia Desa Pucangan

Kurniawan, Rizqi and , Abi Muhlisin, SKM, M.Kep (2014) Hubungan Antara Stres Dan Pola Makan Dengan Terjadinya Kekambuhan Hipertensi Pada Lansia Di Posyandu Lansia Desa Pucangan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (486kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (484kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi merupakan masalah besar dan serius di seluruh dunia karena prevalensinya tinggi dan cenderung meningkat di masa yang akan datang, penyebab hipertensi diantaranya stres dan pola makan yang tidak baik. Data yang di dapatkan di salah satu posyandu lansia di Desa Pucangan yang mempunyai jumlah lansia terbanyak yaitu tekanan darah tergolong tinggi yang ditandai dengan tekanan darah sekitar 140/90 mmHg sampai 190/100 mmHg, dari data tersebut bahwa tingkat kekambuhan di Desa Pucangan sangat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara stres dan pola makan dengan terjadinya kekambuhan hipertensi pada lansia di posyandu lansia desa Pucangan. Metode penelitiaan yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua lanjut usia yang ada di Posyandu Lansia Desa Pucangan sebanyak 220 lansia, diambil sampel sebanyak 69 orang dengan teknik proportional random sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stres dan pola makan sebagai variabel independen dan kekambuhan hipertensi sebagai variabel dependen. Instrumen yang digunakan adalah dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis Chi-Square (X2). Hasil penelitian menunjukkan 14 orang (20,3%) mempunyai tingkat stres sedang dan 55 orang (79,7%) mempunyai tingkat stres berat. Dilihat dari pola makan 14 orang (20,3%) mempunyai pola makan buruk, 41 orang (59,4%) mempunyai pola makan sedang, dan 14 orang (20,3%) mempunyai pola makan baik. Dilihat dari kekambuhan hipertensi yang tergolong kekambuhan sering ada 34 orang (49,3%), jarang ada 10,6%, dan kadang-kadang sebanyak 28 orang (40,6%). Hasil analisis Chi-Square diketahui bahwa terdapat hubungan signifikan antara stres dan pola makan dengan kekambuhan hipertensi pada lansia di Posyandu Lansia Desa Pucangan. Kesimpulan yang didapatkan adalah ada hubungan signifikan antara stres dan pola makan dengan terjadinya kekambuhan hipertensi pada lansia di Posyandu Lansia Desa Pucangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stress, pola makan, kekambuhan hipertensi.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 01 Dec 2014 13:21
Last Modified: 15 Oct 2021 03:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31098

Actions (login required)

View Item View Item