Hubungan Antara Motivasi Belajar Mahasiswa Aktivis Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Purnawan, Sugito Adi and , Irdawati, S.Kep, Ns, M.Si, Med and , Endang Zulaicha S, S.Kp (2014) Hubungan Antara Motivasi Belajar Mahasiswa Aktivis Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (816kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab VI)
9._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (606kB)

Abstract

Kebutuhan akan belajar pada mahasiswa aktivis mendorong timbulnya motivasi dari dalam dirinya, sedangkan stimulus dari teman sebaya sesama aktivis mendorong timbulnya motivasi dari luar sehingga akan berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar mahasiswa aktivis dengan prestasi belajar Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tempat pelaksanaan penelitian di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktivis Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian adalah 34 mahasiswa aktivis Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Instrumen penelitian adalah kuesioner motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi spearman rank. Hasil penelitian adalah (1) Tingkat motivasi belajar mahasiswa aktivis Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagian besar adalah baik. (2) Indeks prestasi mahasiswa aktivis Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagian besar adalah sangat memuaskan. (3) Ada hubungan antara motivasi belajar mahasiswa aktivis dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada hubungan antara motivasi belajar mahasiswa aktivis dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Mahasiswa aktivis, Prestasi belajar.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 01 Dec 2014 12:19
Last Modified: 27 May 2016 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31095

Actions (login required)

View Item View Item