Aspek Moral Dalam Novel Kembalikan Semuanya Kepada-Ku Karya Andi Bombang Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMa

Priyaningsih, Ina Nur and , Dr. Nafron Hasjim (2014) Aspek Moral Dalam Novel Kembalikan Semuanya Kepada-Ku Karya Andi Bombang Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (557kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (650kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel KSK, 2) mendeskripsikan aspek moral dalam novel KSK, 3) mendeskripsikan implementasi aspek moral dalam novel KSK karya Andi Bombang dalam pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus terpancang. Objek penelitian ini adalah aspek moral dalam novel KSK. Data dalam penelitian ini berupa kalimat, paragraf dan wacana yang relevan dengan objek penelitian yang terdapat dalam novel KSK. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel KSK karya Andi Bombang. Sumber data sekunder penelitian ini adalah artikel di internet yaitu Resensi Novel Kun Fayakun, Tentang Novel Dan Dialah Dia, dan Dzikir Ilalang Versi Baru Kun Fayakun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, simak dan catat. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data secara dialektika. Berdasarkan analisis struktural tema novel ini adalah perjuangan seorang anak haram dalam mencari jati diri dan kebahagiaan yang sesungguhnya. Tokoh-tokoh yang dianalisis adalah Febi, Rusman, Ratih, Desi, Endang, Vina, Rini, Anhar, Sri, Uwa, dan Haji Imran Japati. Alur dalam novel ini merupakan alur maju. Latar waktu terjadi sekitar tahun 2003-2005. Latar tempat dalam novel ini adalah rumah Febi, kampus, kos Febi, rumah Jurgen, dan rumah Haji Imran. Berdasarkan tinjauan sosiologi sastra aspek moral yang ditemukan dalam novel KSK yaitu moral kejujuran, otentik, tanggung jawab, kemandirian, keberanian, kerendahan hati, dan realistik dan kritis. Hasil penelitian novel KSK karya Andi Bombang dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA berdasarkan kurikulum 2013 khususnya kelas XI, semester genap dengan KD 3.3 memahami sinopsis struktur novel.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek moral, sosiologi sastra, Kembalikan Semuanya Kepada-Ku.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Dec 2014 08:09
Last Modified: 20 Oct 2021 02:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31086

Actions (login required)

View Item View Item