Nilai-Nilai Edukatif Dalam Novel Anak-Anak Langit Karya Zhaenal Fanani: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Permatasari,, Novita Diah Ayu and , Dr. Nafron Hasjim and , Drs. Adyana Sunanda, M. Pd. (2014) Nilai-Nilai Edukatif Dalam Novel Anak-Anak Langit Karya Zhaenal Fanani: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (668kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (BAb IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur pembangun pada novel Anak-Anak Langit karya Zhaenal Fanani, (2) menganalisis nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam novel Anak-Anak Langit karya Zhaenal Fanani dengan tinjauan sosiologi sastra, (3) mengimplementasikan hasil penelitian sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai edukatif dalam novel Anak-Anak Langit karya Zhaenal Fanani tinjauan sosiologi sastra. Data dalam penelitian ini adalah data yang berwujud wacana yang terdapat dalam novel Anak-Anak Langit. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Anak-Anak Langit karya Zhaenal Fanani. Sumber data sekunder penelitian ini berupa skripsi, biografi pengarang, dan internet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik pustaka dan teknik catat. Teknik validitas data penelitian ini menggunakan trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis secara dialektik. Berdasarkan analisis struktural, tema dalam novel Anak-Anak Langit karya Zhaenal Fanani tentang perjuangan seorang perempuan yang ingin mengembalikan hak anak-anak yang tidak sempat mereka nikmati. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju. Tokoh-tokoh yang dianalisis adalah Ziza, Pak Daming, Malaikah, Hamdani, Tatian, Binari, Salisi binti Salisu, Hanbek, Bojongdeli, Siliu, Hambara, Hambari, Dimitar, Jangkaru, Bawakare, Pak Kusen, Halikin, Syahrini, Singgih Danutirto, Anggarita, dan Ronggo Subekti. Latar pada novel ini dibagi menjadi tiga bagian yakni latar tempat, waktu, dan latar sosial. Hasil analisis nilai edukatif dalam penelitian ini adalah (a) meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa, (b) cinta kasih, yang meliputi (1) cinta kasih kepada sesama manusia dan (2) cinta kasih terhadap keluarga, (c) penghargaan, (d) kesederhanaan, dan (e) tolong-menolong. Implementasi hasil penelitian novel Anak-Anak Langit sebagai bahan ajar sastra di SMA sesuai dan relevan untuk dijadikan bahan materi pembelajaran sastra. Novel Anak-Anak Langit mengandung unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik diimplementasikan pada siswa untuk menemukan tema, alur, penokohan, dan latar. Unsur ekstrinsik pada novel diimplementasikan untuk menemukan nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam novel tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak-Anak Langit, nilai-nilai edukatif, sosiologi sastra.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2014 13:08
Last Modified: 20 Oct 2021 02:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31073

Actions (login required)

View Item View Item