Perspektif Gender Dalam Kumpulan Cerpen Sepotong Hati Yang Baru Karya Tere Liye: Tinjauan Feminisme Dan Implementasi Pembelajaran Sastra Indonesia SMA

NUGRAHAENI, Ayu Dwi and , Dra. Main, Sufanti M. Hum and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum. (2014) Perspektif Gender Dalam Kumpulan Cerpen Sepotong Hati Yang Baru Karya Tere Liye: Tinjauan Feminisme Dan Implementasi Pembelajaran Sastra Indonesia SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (961kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (823kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan latar belakang sosial budaya kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru karya Tere Liye, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru karya Tere Liye, (3) mendeskripsikan wujud perspektif gender dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru karya Tere Liye, dan (4) mendeskripsikan implementasi hasil penelitian perspektif gender dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru karya Tere Liye dalam pembelajaran sastra Indonesia SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian ini yaitu kata, kalimat, dan wacana dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan pembacaan semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutic berdasarkan kritik sastra feminis. Struktur kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru sebagai berikut. (a) tema yang digunakan adalah kasih sayang seorang perempuan untuk orang yang disayangi, (b) alur yang digunakan dalah alur maju, dan (c) latar yang digunakan adalah latar tempat, latar waktu, latar sosial. Wujud perspektif gender dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru karya Tere Liye sebagai berikut. (1) kesetaraan gender meliputi: (a) Perempuan dalam dunia karier; (b) Perempuan dalam menentukan pasangan hidup. (2) ketidakkadilan gender meliputi: (a) stereotipe perempuan; (b) kekerasan terhadap perempuan; (c) beban kerja terhadap perempuan. (3) Hasil implementasi perspektif gender dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru yaitu (a) perspektif gender dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru relevan dengan KD 7.1 menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen, (b) perspektif gender dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra Indonesia SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perspektif gender, struktural dan Sastra feminis, implementasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Nov 2014 12:22
Last Modified: 20 Oct 2021 02:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31060

Actions (login required)

View Item View Item