Implementasi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa Melalui Kegiatan Komunitas Kompos (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Surakarta)

HIDAYAT, MUHAMAD WAHYU and , Agus Prasetyo S.Pd. M.Pd. (2014) Implementasi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa Melalui Kegiatan Komunitas Kompos (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (25MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk implementasi peduli lingkungan pada mahasiswa dan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk hambatan serta solusinya dalam mengimplementasikan pembentukan karakter peduli lingkungan pada mahasiswa melalui kegiatan komunitas kompos di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan, tempat dan peristiwa, serta arsip atau dokumen. Prosedur dalam penelitian ini adalah penelitian langsung kemudian melakukan analisis data serta analisis dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini mencakup penggumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk implementasi pembentukan karakter peduli lingkungan pada mahasiswa sangat penting untuk terus ditingkatkan. Mahasiswa diberikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga lingkungan di sekitarnya dengan cara mencegah kerusakan lingkungan, kemudian mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan lingkungan serta membantu masyarakat dalam kaitanya pencegahan kerusakan lingkungan. Wujud kongrit yang dilakukan oleh mahasiswa anggota komunitas terkait karakter peduli lingkungan dengan cara kerja nyata mengambil sampah-sampah organik di sekitar kampus kemudian diolah di rumah kompos. Produk olahan sampah setelah menjadi pupuk kompos, kemudian dimanfaatkan untuk memupuk tanaman di sekitar kampus serta dibagi-bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui acara pengabdian masyarakat. Hambatan yang dialami dalam mengimplementasikan pembentukan karakter peduli lingkungan pada mahasiswa melalui komunitas kompos di Universitas Muhammadiyah Surakarta antara lain keterbatasan dana untuk pengembangan oprasional, keterbatasan peralatan yang menunjang produktifitas kompos serta faktor dari mahasiswa yang terkendala dengan kesibukan masingmasing. Solusi mengatasi hambatan tersebut antara lain mahasiswa terus mengupayakan mencari dana bantuan baik dari kampus maupun instansi lain, mengajak mahasiswa lain untuk bekerja sama menemukan inovasi-inovasi baru dalam peralatan produksi kompos serta mahasiswa diberikan jadwal piket rutin secara bergiliran sehingga dapat mengatur waktunya secara fleksibel.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, karakter, peduli lingkungan, mahasiswa, komunitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2014 10:56
Last Modified: 19 Oct 2021 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31009

Actions (login required)

View Item View Item