Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Dan Intensitas Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Surakarta

UTAMI, RENITA PAJAR and , Dr. Hj. Suyatmini, M.Si. (2014) Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Dan Intensitas Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (617kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1; 2) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan, Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah 180 mahasiswa Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2013, secara nyata dapat diidentifikasi dengan jelas, karena sifat dan identitas responden terdeteksi oleh manajemen. Sampel diambil sebanyak 119 mahasiswa, dengan tekhnik proporsional random sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh latar belakang pendidikan terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda (uji t) memperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,399>1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. dengan sumbangan efektif sebesar 10,5%; 2) Terdapat pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1. Hasil analisis regresi linear berganda memperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,260>1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 9,6%; dan 3) Terdapat pengaruh latar belakang pendidikan dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1. Hal ini dapat dilihat dari analisis uji F yang memperoleh Fhitung> Ftabel, yaitu 14,586>3,074 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,201 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh latar belakang pendidikan dan intensitas belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sedangkan untuk jumlah prosentase dari penelitian ini adalah sebesar 20,1%, sedangkan 79,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Pendidikan, Intensitas Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2014 10:15
Last Modified: 13 Oct 2021 13:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31006

Actions (login required)

View Item View Item