PENGARUH STRUKTUR ORGANISASIONAL TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENGANGGARAN PARTISIPATIF DENGAN KINERJA MANAJERIAL DAN KEPUASAN KERJA (Survey Pada Rumah Sakit di Boyolali)

Haryani, Sri (2008) PENGARUH STRUKTUR ORGANISASIONAL TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENGANGGARAN PARTISIPATIF DENGAN KINERJA MANAJERIAL DAN KEPUASAN KERJA (Survey Pada Rumah Sakit di Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah surakarta.

[img] PDF
B_200_030_251.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)

Abstract

Anggaran merupakan salah satu alat pengendalian dalam organisasi yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja manajerial dan kepuasan kerja dalam perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan mekanisme pengendalian organisasi. Anggaran yang disusun dalam organisasi yang terdesentralisasi akan lebih realistis. Pelimpahan wewenang yang diberikan pada manajer tingkat bawah akan semakin meningkatkan kinerja dan kepuasan karyawan karena manajer tingkat bawah dapat melaksanakan dengan penuh tanggung jawab atas anggaran yang penyusunannya telah dilimpahkan kepadanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dan kepuasan kerja dengan struktur organisasi sebagai variabel moderating. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan survei yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer menengah rumah sakit di Boyolali. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 35 orang manajer menengah yang berasal dari 3 rumah sakit di Boyolali yaitu RS. Pandan Arang, RS. Al Amin Boyolali, dan RS. PKU Aisyah Boyolali. Data yang diperoleh diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan anggaran partisipatif hubungan positif terhadap kinerja manajerial dan H1 diterima. Hasil analisis korelasi memperoleh nilai rhitung = 0,407 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya penyusunan anggaran partisipatif yang tinggi akan semakin meningkatkan kinerja manajerial; (2) Penyusunan anggaran partisipatif behubungan positif terhadap kepuasan kerja dan H2 diterima. Hasil analisis regresi memperoleh nilai rhitung = 0,607 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya penyusunan anggaran partisipatif yang tinggi akan semakin meningkatkan kepuasan kerja; (3) Penyusunan anggaran partisipatif berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial pada struktur organisasi yang terdesentralisasi dan H3 diterima. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 3,608 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya penyusunan anggaran partisipatif akan meningkatkan kinerja manajerial pada struktur organisasi yang terdesentralisasi; (4) Penyusunan anggaran partisipatif berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja pada struktur organisasi yang terdesentralisasi dan H4 diterima. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 4,448 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya penyusunan anggaran partisipatif akan meningkatkan kepuasan kerja manajer menengah pada struktur organisasi yang terdesentralisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja manajerial, kepuasan kerja, struktur organisas.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jun 2008 03:29
Last Modified: 17 Nov 2010 14:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item