Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Puspitawati, Nandya and , Drs. Joko Suwandi, SE, M.Pd. and , Drs. Nur Chusni, SE, M.Ag, M.Pd. (2014) Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (315kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) Apakah ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) Apakah ada pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian yang digunkan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 107 siswa dengan sampel 80 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=20,969+0,924X1+ 0,325X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang positif antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar. Variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 75% dan sumbangan efektif sebesar 30,1%. 2) Ada pengaruh yang positif antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar. Variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 25% dan sumbangan efektif sebesar 10%. 3) Ada pengaruh yang positif antara perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,401 yang berarti 40,1% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar, sisanya sebesar 59,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2014 09:12
Last Modified: 13 Oct 2021 12:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30999

Actions (login required)

View Item View Item