Penigkatan Kinerja Karyawan Di Tinjau Dari Tingkat Pendidikan Dan Latihan Pada Perusahaan Daerah Dan Air Minum (Pdam) Di Kota Surakarta

ARIFIN, MUHAMMAD and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si . and , Drs. Sami’an, MM. (2014) Penigkatan Kinerja Karyawan Di Tinjau Dari Tingkat Pendidikan Dan Latihan Pada Perusahaan Daerah Dan Air Minum (Pdam) Di Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (779kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (244kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Ingin mengetahui pengaruh tingkat pendidikan karyawan terhadap kinerja karyawan di PDAM Surakarta; 2) Ingin mengetahui pengaruh latihan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan di PDAM Surakarta; 3) Ingin mengetahui pengaruh tingkat pendidikan karyawan dan latihan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan di PDAM Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PDAM di Surakarta yang berjumlah 48 karyawan. Sampel diambil sebanyak 48, karena populasi kurang dari 100 jadi lebih baik mengambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 57,533+ 0,431X1 + 0,531X2. Persamaan menunjukkan bahwa kinerja karyawan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan karyawan dan latihan kerja karyawan. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan karyawan terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah dan Air Minum di Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,473 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,017 dengan sumbangan efektif sebesar 5,49%; 2) Ada pengaruh yang signifikan latihan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah dan Air Minum di Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,217 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 25,01%; 3) Ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan karyawan dan latihan kerja karyawan terhadap prestasi kerja karyawan pada Perusahaan Daerah dan Air Minum di Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,864 > 3,204 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,305. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,305 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara tingkat pendidikan karyawan dan latihan kerja karyawan terhadap prestasi kerja karyawan adalah sebesar 30,5% sedangkan 69,5%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Karyawan, Latihan Kerja Karyawan, dan Kinerja Karyawan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2014 08:56
Last Modified: 13 Oct 2021 12:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30997

Actions (login required)

View Item View Item