Perbandingan Efektivitas Pemberian Kombinasi Vitamin C Dan Zink Dengan Pemberian Tunggal Vitamin C Atau Zink Terhadap Kerusakan Struktur Histologis Alveolus Paru Mencit Balb/C Yang Diberi Paparan Asap Rokok

Sulaiman, Wahyu Faizal and , dr. Retno Sintowati, M.Sc and , dr. Wulandari Berliani Putri (2014) Perbandingan Efektivitas Pemberian Kombinasi Vitamin C Dan Zink Dengan Pemberian Tunggal Vitamin C Atau Zink Terhadap Kerusakan Struktur Histologis Alveolus Paru Mencit Balb/C Yang Diberi Paparan Asap Rokok. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (510kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (775kB)

Abstract

Latar Belakang : Salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia adalah merokok yang mana telah menyebabkan lebih dari 200.000 kematian pertahunnya. Asap rokok telah banyak dibuktikan dalam berbagai penelitian ilmiah merupakan salah satu faktor risiko utama dari penyakit jantung, kanker, penyakit paru kronik, diabetes melitus, serta penyakit lainnya antara lain seperti fertilitas dan impotensi. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui perbandingan efektivitas pemberian kombinasi Vitamin C dan Zink dengan pemberian tunggal vitamin C dan Zink saja terhadap kerusakan alveolus paru Mencit Balb/c yang diberi paparan asap rokok. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode experimental post test only control group design. Sampel penelitian dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri atas kelompok kontrol positif, kelompok kontrol negatif, dan 3 kelompok perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji One Way Anova. Hasil : Terdapat perbedaan bermakna pada kelompok perlakuan yang diberi kombinasi vitamin C dan Zink dengan kelompok pemberian Zink dengan nilai p=0,003 namun pada kelompok perlakuan yang diberi Vitamin C tidak terdapat perbedaan bermakna dengan kelompok yang diberikan Zink yang mempunyai nilai p=0,118, dan pada kelompok perlakuan yang diberi kombinasi vitamin C dan Zink tidak terdapat perbedaan bermakna dengan pemberian vitamin C dengan nilai p=0,054. Kesimpulan : Pemberian kombinasi vitamin C dan Zink dapat melindungi struktur histologi alveolus lebih efektif dibandingkan dengan kelompok pemberian tunggal dari Zink namun mempunyai efek yang hampir sama dengan pemberian tunggal vitamin C.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: vitamin C dan Zink, asap rokok, histologi paru
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 21 Nov 2014 13:28
Last Modified: 20 Oct 2021 04:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30984

Actions (login required)

View Item View Item