Implementasi Nilai-Nilai Moral Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Dalam Etika Profesi Guru Di SMP Negeri 2 Boyolali

ARDHI , MUHLIS (2014) Implementasi Nilai-Nilai Moral Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Dalam Etika Profesi Guru Di SMP Negeri 2 Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab 2)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab 3)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab 4)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (543kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi nilai-nilai moral sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam etika profesi guru di SMP Negeri 2 Boyolali. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, guru, dan siswa di SMP Negeri 2 Boyolali. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif, untuk merangkai data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai moral sila Ketuhanan Yang Maha Esa diterapkan di sekolah SMP Negeri 2 Boyolali. 2) Penerapan nilai-nilai moral sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam etika profesi guru di SMP Negeri 2 Boyolali tergambar sesuai indikator yaitu, Guru dalam membimbing dan mengarahkan peserta didik guna menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran, guru di dalam berkomunikasi untuk memperoleh informasi terhadap anak didik, guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya, guru memelihara hubungan dengan masyarakat di sekitar sekolah, guru bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya, guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru, guru melaksanakan segala kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan. 3) Guru di SMP Negeri 2 Boyolali melaksanakan etika tersebut sesuai nilai-nilai moral sila Ketuhanan Yang Maha Esa, di seluruh lingkup sekolahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai moral sila Ketuhanan Yang Maha Esa, Etika profesi dan guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 21 Nov 2014 13:16
Last Modified: 21 Nov 2014 13:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30983

Actions (login required)

View Item View Item