Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Dan Status Gizi Dengan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Wanita Di Konveksi Rizkya Batik Ngemplak Boyolali

Iswari, Diah Ayu Parama and , Endang Nur W, S.St., M.Si.Med and , Wahyuni, SKM, M.Kes (2014) Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Dan Status Gizi Dengan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Wanita Di Konveksi Rizkya Batik Ngemplak Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskaha_PUBLIKASI.pdf

Download (123kB)

Abstract

Pendahuluan : Produktivitas adalah suatu konsep universal yang menciptakan lebih banyak barang dan jasa bagi kebutuhan manusia, dengan menggunakan sumber daya yang serba terbatas. Sarapan sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan energi untuk beraktivitas pada pagi hari dan dapat mencegah terjadinya keletihan menjelang siang hari sehingga produktivitas tenaga pekerja akan maksimal sepanjang hari. Ketahanan dan kemampuan tubuh untuk melakukan pekerjaan dengan produktivitas yang memadai akan lebih dimiliki oleh individu dengan status gizi baik. Tujuan : mengetahui hubungan antara kebiasaan sarapan dan status gizi dengan produktivitas kerja pekerja wanita di Konveksi Rizkya Batik Ngemplak Boyolali. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 35 dipilih dengan metode consecutiv sampling. Data frekuensi kebiasaan sarapan diperoleh melalui wawancara menggunakan form kuesioner sarapan. Data status gizi diperoleh dengan cara mengukur BB dan TB secara langsung. Data produktivitas kerja diperoleh dengan observasi. Analisis data dengan uji hubungan chi-square. Hasil : Berdasarkan analisis univariat, sebagian besar tenaga kerja sebanyak 60% terbiasa untuk sarapan, responden yang memiliki status gizi tidak baik sebanyak 57,15% dan sebanyak 71,4% responden dalam penelitian ini termasuk produktif. Hasil uji chi-square hubungan kebiasaan sarapan dengan produktivitas kerja didapatkan nilai p=0,000 dan hasil uji chi-square status gizi dengan produktivitas kerja didapatkan nilai p=0,002. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan dan status gizi dengan produktivitas kerja pekerja wanita di Konveksi Rizkya Batik Ngemplak Boyolali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan sarapan, status gizi, produktivitas kerja, pekerja wanita
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Nov 2014 13:31
Last Modified: 07 Sep 2022 02:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30977

Actions (login required)

View Item View Item